Skip to main content

Nomor Pendirian Yayasan

Berbicara mengenai yayasan ada banyak pembahasan terkait lembaga tersebut. Pemerintah sendiri telah mengaturnya dalam UU no 24 tahun 2008 dan tentu UU terbaru no. 16 tahun 2001. Dalam UU tersebut Yayasan merupakan sebuah badan hukum yang terdiri dari kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan hanya yang bersifat tertentu saja yakni  bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan, yang tidak mempunyai anggota.

Membahas mengenai nomor pendirian yayasan, dimaksudkan disini bukanlah sebuah nomor yang dimiliki Yayasan. Sebagai badan hukum, yayasan memerlukan berkas lengkap dan sah yang telah diurus oleh notariat yang ahli dan juga resmi. Nomor pendirian yayasan bermaksud menjelaskan bahwa yayasan tersebut telah dilegalkan oleh badan hukum resmi dan akta notariat. Untuk anda yang belum mengurusnya, kami notariat cimahi bisa membantu anda.

Dalam Undang-undang yang tertera Yayasan mempunyai organ yang terdiri atas Pembina, Pengurus, dan Pengawas. Penjelasannya akan dijabarkan berikut ini :

  1. Pembina sebuah di sarankan minimal 3 orang boleh lebih
  2. Sesuai dengan peraturan, pengawas tidak boleh memiliki tugas atau pekerjaan merangkap. Dimana Pembina atau Pengurus (Ps. 40 ayat (4) UU No. 16 tahun 2001 tentang Yayasan)
  3. Selain itu pengurus tidak boleh merangkap Pembinan atau Pengawas (Ps. 31 ayat (3) UU No. 16 tahun 2001 tentang Yayasan) terdiri dari: ketua, sekretaris, bendahara
  4. Segala kegiatan yang dilakukan oleh pengurus bertindak untuk dan atas nama yayasan
  5. Masa tugas yayasan yang dilakukan yakni 5 tahun kecuali pembina

Batasan kegiatan usaha Yayasan

Yayasan harus bisa mencapai tujuan kegiatan atau program yang sudah direncanakan sejak awal pendirian. Jika mengacu pada Pasal 3 ayat (1) UU tahun no 16 tahun 2001, maka ada beberapa syarat yang membahas mengenai batasan kegiatan dari sebuah yayasan agar tidak melampaui.

  • Jika anda mendirikan sebuah kegiatan usaha atau badan usaha yang masuk kedalam yayasan. Maka anda harus mendirikan dan menjalankan sesuai tujuan dna maksud yayasan yang juga tertera pada pasal 7 ayat 1 UU No. 16 tahun 2001 tentang Yayasan
  • Jika anda membuat sebuah kegiatan usahanya maka tidak boleh bertentangan dengan ketertiban umum, kesusilaan dan/atau peraturan perundangan yang berlaku. Adapun bidang-bidang yang melingkupi diantaranya seperti hak asasi manusia, kesenian, olah raga, perlindungan konsumen, pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan dan ilmu pengetahuan). Hal ini tertera pada Pasal 8 UU No. 16 tahun 2001 tentang Yayasan.
  • Anggota pembina, pengurus dan pengawas Yayasan tidak boleh memiliki dua jabatan atau pekerjaan, sehingga tidak ada tugas rangkap dalam sebuah yayasan. Semua harus dilakukan dan dijalankan sendiri-sendiri, misalnya pengawas dan pembina tidak boleh satu orang dan merangkap namun harus menjadi dua orang.

Poin Penting Pendirian

Ada beberapa poin penting yang bisa anda dapatkan ketika mendirikan yayasan yang berkaitan dengan nomor pendirian yayasan.

  1. Pendirian yayasan dilakukan satu orang atau lebih
  2. Pendirian yayasan sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 dilakukan dengan akta notaris dan harus menggunakan bahasa Indonesia
  3. Yayasan bisa didirikan berdasarkan surat wasiat
  4. Biaya pembuatan akta notaris sudah tertera dalam peraturan pemerintah
  5. Ketika anda mendirikan yayasan dengan warga asing,anda harus melengkapi syarat yang telah ditetapkan. Dimana modal minimal Rp. 100 juta dan harus melibatkannya warga negara Indonesia dalam pendirian yayasan anda. selain itu warga asing yang mendirikan yayasan haruslah bervisa bekerja dan memiliki administrasi dokumen sangat lengkap.

You may also like