Kenali Tata Cara Pembuatan CV

Apakah anda ingin mengurus sebuah badan usaha namun memiliki modal yang terbatas? Cobalah menggunakan CV. Pendirian CV tidak serumit dan tidak semahal PT. Karena CV hanya memerlukan biaya kurang dari 50 juta sebagai modal awal. Bahkan dengan kemudahan dan fitur lainnya yang di usung oleh CV anda bisa menggunakan hal tersebut dan menjadi ladang usaha yang berlaku dan disahkan negara.

Bukan hanya sistem dan jumlah modal yang digunakan yang berbeda, tempat pengurusannya juga berbeda. Dimana CV hanya perlu di urus di kantor notaris dan daftarkan ke pengadilan negri setempat jika ingin berurusan dengan tender dari pemerintahan. Modal minimal dari CV tidak terbatas dan tidak di tentukan. Sedangkan untuk pembentukan PT maka akan dipisahkan dari kekayaan pribadi sang pemngurus atau pembentuk dari PT tersebut.

Langkah-Langkah Pembuatan CV
Berikut beberapa langkah pembuatan CV, pertama adalah pembuatan akta dari notaris, yaitu :

– KTP dari pendiri beserta fotokopinya
– Hanya akan memakan 2 hingga 3 hari kerja

Setelah menyelesaikan surat dari akta notaris, maka langkah berikutnya adalah pembuatan dari surat domisili perusahaan. Dimana nantinya akan menjadi bukti yang menjadi keterangan dan alamat perusahaan.

Membuat Surat Keterangan Domisili CV
Ini merupakan sebuah surat yang nantinya akan ditujukan dan diajukan kepada kelurahan setempat untuk sebuah bukti keteranagan dari CV yang nantinya akan anda buat tersebut.

Syarat-syarat untuk membuat surat keterangan domisili adalah :
– FC dari sewa atau kontrak dari daerah tempat usaha atau sebuah bukti dari kepemilikan usaha yang akan dibuat menjadi CV bernama
– Memiliki surat keterangan dari kepemilikan sebuah bangunan atau gedung jika CV berdomisili dan digunakan dalam sebuah pertokoan atau sebuah gedung perkantoran
– FC dari pajak bumi dan bangunan yang melampirkan tahun terakhir
– Ini akan emmakan 2 hari waktu kerja untuk memproses dan mendapatkan surat keterangan domisili semenjak pengajuan.

Pembuatan NPWP Untuk Digunakan oleh CV
Setelah anda mengajukan surat keterangan domisili maka hal yang harus diurus setelahnya adalah membuat NPWP untuk CV. Karena tentunya CV anda harus memiliki surat nomor wajib pajak tersebut. Bahkan nantinya anda juga akan mendapatkan surat keterangan untuk wajib terdaftar sebagai salah satu badan usaha yang wajib pajak.

Comments are closed.