Kenali Syarat Pendirian CV dan PT

Sebelum kita memasuki pembahasan tentang apa saja syarat untuk pendirian baik pendirian CV maupun pendirian PT maka berikut pembahasan tentang pengertian PT dan CV secara umum.

Apa itu PT?

PT atau yang dikenal dengan nama perseroan terbatas adalah sebuah badan usaha yang juga merupakan badan hukum yang memiliki modal awal berupa beberapa saham yang nantinya dapat dikelola dan diperjual belikan. Besar atau kecilnya modal dari PT tersebut sebenarnya sudah terperinci dan tercantum dalam anggaran dasar di setiap pembuatan PT. Dimana mereka akan membutuhkan jasa dan bantuan dari para notaris untuk membuat akta pendirian tersebut. Para notaris yang memiliki wewenang di wilayah Indonesia memiliki hak untuk mengesahkan dan membuat akta pendirian dari PT tersebut.

Apa saja Syarat Pembuatan PT?

Tentunya ada beberapa syarat yang harus dilengkapi agar nantinya PT bisa di bentuk dan disahkan. Tanpa pengesahan maka PT tidak bisa menjalankan operasi dan tidak berupa badan usaha yang dilindungi dan berbentuk badan hukum. Berikut beberapa tata cara dalam pembuatan PT yaitu : mengajukan calon nama dari PT, nama tersebut akan di cek agar tidak ada nama yang serupa dan akhirnya di sahkan. Syarat lainnya adalah :

– FC KTP dari pengurus atau pemegang saham di PT tersebut
– KK dari dirtektur atau pemimpin PT
– FC NPWP dari sang pemimpin atau direktur
– Pas photo yang berukuran 3 x 4 sebanyak minimal 2 lembar dan bewarna
– Melampirkan surat untuk keterangan domisili dari usaha tersebut
– Jika berada di gedung atau berupa perkantoran maka harus menyertakan surat keterangan domisili gedung dari pemilik gedung tersebut.

Apa itu CV?

Nah, setelah sebelumnya kita membahas tentang PT maka sekarang kita akan melanjutkan pembahasan tentang CV. Berbeda dengan PT, CV adalah sebuah badan usaha yang pada umumnya hanya digunakan di kalangan para pelaku usaha kecil hingga menengah. Dimana rincian modal usaha tidak biasanya dirincikan dan dicantumkan dalam akta pembuatan CV dan tentunya nama untuk CV tidak dibatasi dan boleh-boleh saja menggunakan nama yang sama dengan CV lainnya. Bahkan anda bisa menambahkan beberapa penambahan nama khusus bagi nama CV anda tersebut nantinya. Pembuatan CV juga terbilang cukup sederhana, dimana anda hanya perlu persetujuan dan menggunakan jasa notaris dalam membuat akta pendirian CV dan tidak perlu pengecekan nama dari mentri.

Syarat Pendirian CV :

– Sperti PT, CV juga membutuhkan FCKTP sang pendiri yang minimal terdiri dari 2 orang
– FC KK sang direktur atau pemilik
– Pas Photo berukuran 3 x 4 bewarna sang direktur
– Tidak mendirikan kantor di wilayah pemukiman rayat dan menyertakan surat keterangan daerah domisili
– Siap untuk disurvey.

Comments are closed.