Memilih Notaris untuk Jual Beli Rumah

Memilih Notaris untuk Jual Beli Rumah

Jika Anda mempunyai unit rumah yang ingin dijual, tapi disisi lain tidak tahu bagaimana untuk memulainya, maka kami menyarankan untuk menggunakan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) atau jasa notaris  untuk mengurus segala keperluan surat menyuratnya.

Mengapa harus menggunakan jasa notaril? Karena notaril diperlukan berupa untuk akta pembagian hak tanggungan , pengesahkan akta jual beli (AJB),balik nama sertifikat sampai ke pemeriksa keaslian dari suatu sertifikat.

Notaril atau notaris yaitu pejabat umum yang mempunyai wewenang dalam pembuatan akta otentik perihal semua kegiatan atau perbuatan, perjanjian, & ketetapan yang ditentukan oleh peraturan undang – undang.

Dilihat dari kebutuhannya, dapat ditetntukan bahwa Anda tidak boleh asal pilih dalam memilih jasa notaris, karena pada dasarnya tidak semua bisa diandalkan & hal terpenting yaitu memiliki kejujuran. Permasalahan seperti inilah yang sampai sekarang masih bayangan bagi masyarakat.

Maka, sebelum Anda ingin memutuskan memilih jasa notaris ketika jual rumah, ada baiknya perhatikan dulu tiga tips menggunakan notaris yang baik dalam jual beli rumah berikut ini:

Memilih PPAT atau notaris yang terpercaya & jujur

Jangan menilai notaris karena ketenaran, tetapi perhitungkan juga untuk memilih notaris dari cara kerja yang profesional & hal terpenting bisa dipercaya. Agar, tidak ada hal-hal lain yang tidak diinginkan dalam proses penjualan rumah Anda.

Lantas bagaimana cara yang paling tepat? Caranya sangat mudah dan juga sederhana, Anda bisa tanyakan langsung kepada teman yang pernah menggunakan jasa notaris yang berkaitan. Tanyalah secara detail bagaimana cara notaris tersebut bekerja, apakah tepat waktu atau tidak, & jangan lupa tanyakan perihal biaya yang harus dikeluarkan.

Bisa juga tanyakan langsung kepada notaris yang anda temui, perihal klien yang pernah ia hadapi / tangani selama ini. Jika ia banyak menangani klien dari bank atau lembaga manapun, maka bisa dikatakan bahwa notaris tersebut mempunyai kredibilitas tinggi & bisa di percaya.

Kunjungi langsung PPAT atau kantor notaris yang berkaitan

Tentukan bahwa Anda tahu dimana lokasi kantor notaris yang akan digunakan, kunjungi langsung kantor tersebut perhatikan secara seksama kantor tersebut. Notaris yang berkualitas bisa dinilai dari kondisi kantornya, yang selalu sibuk dengan kegiatan kenotarisannya.

Jangan lupa juga untuk melihat dengan seksama keamanan dari kantor tersebut. Karena, di kantor PPAT atau notaris yang Anda gunakan, dokumen berharga Anda akan disimpan.

Senior bukan patokan profesional

Banyak yang mengira bahwa notaris bisa dibilang profesional jika ia sudah senior di dunia Kenotriatan. Sebenarnya hal seperti itu bukan menjadi patokan yang benar. Karena sesungguhnya tolak ukur keprofesionalan tidak bisa dilihat dari usia yang berkaitan akan tetapi dari masa terbang yang telah dilalui oleh notaris tersebut.

Mempertimbangkan dengan baik

Pastikan anda mempertimbangan tips tersebut sebelum akhirnya menggunakan notaris untuk penjualan atau beli rumah, karena Anda juga tidak ingin nantinya terjadi hal buruk mengenai dokumen rumah yang telah diserahkan kepada pihak dari notaris tersebut.

Comments are closed.