Skip to main content

Pengertian Renvoi dalam Akta Notaris

Pengertian Renvoi dalam Akta Notaris

Kesalahan bisa saja dilakukan oleh siapa saja/dimana saja/dalam hal apapun. Hal yang demikian pun dapat terjadi dalam pembuatan akta notaris. Apa yang harus dilakukan jika hal tersebut terjadi? Renvoi menjadi solusi untuk mengatasi adanya kesalahan dalam akta notaris. Apa yang dimaksud renvoi? Berikut penjelasananya.

Apa itu renvoi?

Renvoi merupakan solusi yang paling tepat dalam mengatasi kesalahan dalam akta notaris. Apa itu renvoi? Renvoi menurut KBBI adalah pembetulan/perbaikan tambahan dalam sebuah akta autentik dengan memberikan penandaan di pinggir yang harus disertai dengan paraf. Renvoi dapat dilakukan pada sebelum dan setelah penandatanganan.

Ketentuan Dalam Renvoi

Tindakan renvoi, baik sebelum mapun setelah penandatanganan dalam akta Notaris, diatur dalam undang-undang yang sah. Undang-undang tersebut adalah Pasal 48-50 UU No.2 Tahun 2014 mengenai perubahan atas UU No.30 Tahun 2004. Hal tersebut secara tidak langsung menyatakan bahwa renvoi atas akta notaris adalah sah di mata hukum.

 Jenis jenis Renvoi Akta Notaris

Renvoi terhadap akta notaris dapat dilakukan dalam beberapa bentuk, diantaranya sebagai berikut.

  1. Berupa tambahan
  2. Berupa coretan biasa

Coretan ini dapat dilakukan pada huruf, angka, kata, atau kalimat yang telah ada, tetapi tidak terdapat pengganti.

  1. Berupa coretan pengganti

Coretan ini dilakukan jika memang terdapat huruf, angkat, kata, atau kalimat yang perlu diganti. Apabila tidak diganti, dapat menimbulkan adanya perubahan makna dalam akta notaris tersebut.

Sekian penjelasan singkat mengenai renvoi akta notaris. Semoga bermanfaat.

You may also like