Tutorial Pendirian Yayasan Online

Yayasan merupakan sebuah badan hukum yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan juga keagamaan. Dimana yayasan menggunakan kekayaan tersendiri dan diperbolehkan untuk mencari sumber. Yayasan biasanya tidak memiliki anggota, namun ada struktur organisasi jika yayasan tersebut menjadi lebih besar.

Yayasan ini sifatnya tidak memiliki anggota untuk perseorangan. Selain itu jika dilihat dari tujuannya yayasan kebanyakan tidak mencari profit ataupun keuntungan. Yang jelas, yayasan memiliki wewenang untuk mendirikan badan usaha dan juga visi atau misi yang diperbolehkan dalam sebuah yayasan.

Membicarakan mengenai yayasan, dalam kehidupan sehari-hari anda bisa menemukan berbagai macam yayasan dan juga bentuk serta tujuannya. Yayasan tersebut merupakan jenis yayasan yang masuk kedalam khusus perusahaan profit maupun yang non profit. Meskipun begitu banyak yayasan yang menggunakan income cukup untuk mengolah atau mengelola yayasan tersebut.

Jenis income seperti inilah yang biasanya bertujuan untuk menghidupi operasional yayasan dan badan usaha yang ada di bawahnya. Selain itu juga banyak yayasan yang mempekerjakan karyawan tambahan untuk memudahkan mereka dalam menjalankan yayasannya. Jika bukan dari keuntungan maka dari mana gaji akan berjalan ? tak jarang juga yayasan profit dibuat untuk menguntungkan para pemilik yayasan dan memperkaya diri.

Tutorial yayasan online

Adapun syarat yang biasa digunakan atau dilakukan oleh anda yang ingin mendirikan yayasan namun tidak ingin susah-susah, anda bisa dengan cara online.

  1. Permohonan pengesahan dari badan hukum Yayasan diajukan oleh pemohon kepada Menteri atau kantor kementerian.
  2. Permohonan diajukan melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH);
  3. Upload akta pendirian Yayasan.
  4. Permohonan pendirian Yayasan dilakukan melalui  SABH ahu.go.id;
  5. Anda dapat membeli voucher untuk pemesanan nama yayasan;
  6. Melakukan akses pemesanan nama dengan harga Rp. 100.000
  7. Membeli voucher untuk akses permohonan pengesahan pendirian yayasan dengan harga Rp. 250.000
  8. Mengisi data yayasan;
  9. Mengunggah akta yayasan;
  10. Cetak Surat Keputusan.
  11. Selain itu dibutuhkannya surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tentang Pengesahan Pendirian Yayasan

Adapun beberapa kendala untuk yayasan yang didaftarkan secara online adalah :

  1. Kendala pendaftaran yang akhirnya bermasalah akibat koneksi internet. Mungkin masalah ini sepele namun banyak pendaftaran yayasan yang akhirnya bermasalah karena koneksi yang juga bermasalah.
  2. Adanya konslet atau masalah pada pemesanan nama. Meskipun anda sudah membaya registrasinya namun tidak menjamin anda mendapatkan nama mengingat secara manual saja prosesnya sudah sangat lama bisa sekitar 60 hari. Namun jangan putus asa anda bisa mengusahakan dan menunggu nama anda sesuai dengang tenggat waktu yang disediakan.
  3. Biasanya kendala online adalah kegagalan pendaftaran yang mengharuskan anda harus datang atau hadir ke tempat pendaftaran yayasan di kementrian. Mengingat sistem biasanya menganulir data yang gagal namun merekam bahwa data yang anda berikan sudah pernah ada. Untuk itu persiapkan selengkap dan gunakan internet secepat mungkin. Jangan menunda upload data dengan faktor apapun.
  4. Seringkali online meminta konfrimasi melalui nomor telepon atau email. Banyak orang yang menggunakan email tidak aktif ataupun telepon yang justru sulit dihubungi, hindari hal tersebut dan gunakan semua kontak yang mudah dihubungi.

Untuk pengaduan keseluruhan secara online anda bisa menghubungi kontak :

  • Contact Center: (021) 29023235 / 36/ 37 / 38 / 39 / 72 / 82
  • Email: [email protected]
  • Twitter: @AHU_Online

Comments are closed.