Mekanisme Pendirian Yayasan Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang tidak pernah mundur dan akan selalu maju dalam sebuah negara. Pendidikan sangat penting untuk kemajuan bangsa dan tentu menghasilkan generasi yang hebat dan berprestasi. Faktanya dalam dunia pendidikan ada dua tipe lembaga yang biasanya didirikan yakni lembaga resmi negeri yang dibuat pemerintah dan swasta yang biasanya dibuat oleh yayasan.

Pengertian dari Yayasan merupakan badan hukum atau lembaga yang tidak memiliki anggota dan tidak adanya pemegang saham. Yayasan dikelola oleh struktur organisasi yang telah dibentuk, dimana ada dua tujuan yakni mencari keuntungan dan tidak mencari keuntungan (hanya swadaya masyarakat) saja. Keduanya bisa anda temukan dalam yayasan pendidikan. A

Mendirikan Yayasan Pendidikan

Untuk anda yang tertarik dengan yayasan pendidikan dan bagaimana orang mencoba melakukan mekanisme pendirian yayasan pendidikan, ulasan artikel ini pasti bisa membantu anda :

  1. Buat Nama dan Pilih Bidang

Ketika anda ingin membuat yayasan pendidikan, maka ada dua hal yang harus diurus yaitu notaris dan juga calon nama yayasan. Setelah itu jangan lupa menentukan bidang yang akan anda geluti, contohnya dalam hal ini adalah yayasan pendidikan maka anda bisa memilih seluruh berkas yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

  1. Berkas atau Administrasi

Selanjutnya adalah anda harus menyiapkan berkas boleh fotocopy dari biodata atau berkas resmi anggota yayasan. Mulai dari pendiri yayasan pendidikan tersebut, nama pembina, ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas yayasan. Dengan adanya struktur organisasi sejak awal maka pendaftaran akan lebih mudah, selain itu fungsi dari para Ketua, sekretaris dan bendahara ini nantinya akan menyiapkan program yang akan dijalankan yayasan kedepannya. Sehingga program kerja inilah yang bisa disebut sebagai panduan pelaksanaan nantinya, untuk itulah program sangat penting terutama untuk yayasan yang baru buka dan berkembang.

Selain itu, anda harus membentuk susunan pengurus yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan bendahara. Kemudian jangan lupa untuk membentuk pengawas serta Pembina yang berasal dari luar pengurus. Dimana syaratnya pengawas, pembina, pendiri dan pengurus tidak boleh memiliki jabatan double karena akan bermasalah besar.

Adapun data yang hrus anda bawa ke notaris adalah :

  1. Nama yayasan. Dimana nama ini harus anda pikirkan baik-baik dan buat cadangan sebanyak mungkin. Minimal 3 nama, karena nantinya akan memakan waktu yang lama untuk memastikan apakah memang ada yang menggunakan nama yayasan anda atau tidak. Selain itu dengan menyiapkan cadangan nama maka anda tidak perlu bulak balik menyiapkan penggantinya.
  2. Fotocopy KTP pendiri, Pembina, ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas
  3. NPWP pendiri, Pembina, ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas (dokumen ini bersifat wajib)
  4. Berkas notaris, dimana nantinya notaris akan mengajukan nama ke kementrian serta ke Departmen Hukum dan HAM. Disinilah anda harus bersabar karena akan membutuhkan waktu yang lama dan jika disetujui nama dan akte pendirian yayasan maka akan disahkan dihadapan notaris. Jika dirasa semuanya sudah cukup dan sah maka anda bisa mengakui dan menandatangani surat administrasi lainnya. Notaris akan mengajukan Anggaran Dasar ke Departemen Hukum dan HAM untuk mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM.

Setelah urutan diatas selesai, maka selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu :

  • Anda harus membuat surat pengajuan pada pak RT, RW dan juga anda harus mendapatkan izin perencanaan pendirian sebuah yayasan dan juga surat yang harus mendapatkan tanda tangan dari kedua belah pihak, dimana anda juga akan lebih mudah mengajukan surat kepada pemerintah daerah.
  • Adanya surat pernyataan persetujuan bahwa masyarakat dari lingkungan sekitar untuk meminta izin. Minimal jika dipaksakan maka anda harus mendapat persetujuan dari tetangga yang berada di depan, belakang, kiri dan kanan dari alamat tempat tinggal anda.
  • Selanjutnya anda bisa menetapkan dan mengajukan peta lokasi. Apabila pengajuan pendirian yayasan pendidikan telah disetujui maka anda tinggal menunggu surat rekomendasi dari pemerintah dan juga melaksanakannya.
  • Mengurus Surat Pengesahan Yayasan yang ditandatangani oleh Kementrian Hukum  dan HAM (Surat ini wajib diurus oleh Notaris) wajib dan tidak boleh terlewat.
  • Proses pun dilaksanakan dan kita tinggal menunggu hasil dari apa saja yang sudah kita siapkan.

Comments are closed.