Manfaat Pendirian Yayasan

Membicarakan mengenai yayasan sebenarnya ada banyak hal yang bisa dijelaskan. Yayasan dilihat dari definisinya dan menurut UU No. 16 Tahun 2001 merupakan badan hukum atau lembaga hukum yang terdiri atas kekayaan yang bisa dipisahkan dan dibentuk dengan tujuan bidang sosial dan sejenisnya. Yayasan biasanya tidak memiliki anggota dan kepemilikannya tidak dapat di klaim. Namun yayasan ditugaskan memiliki anggota yang bisa menyusun dan juga mengatur segala keperluannya.

Namun ada juga beberapa yayasan yang memiliki organisasi yang bertugas untuk menjalankan kegiatan tertentu dan digunakan untuk bertujuan tertentu. Anda bisa menjalankan tugasnya maka yayasan juga diperbolehkan untuk membentuk badan usaha sesuai dengan tujuannya.

Untuk jenis yayasan yang diperbolehkan menyertakan badan usaha yang ingin bersifat prospektif dengan ketentuan bahwa seluruh penyertaan tidak boleh lebih dari 25%. Selain itu ada juga manfaat, peran dan fungsi yayasan.

  1. Bidang Sosial

Bidang sosial merupakan bidang yang paling banyak dipilih karena mudah enjalankan yayasan dengan bidang ini. Dalam pendiriannya, bidang sosial berarti hanya berfokus pada basis kegiatan sosial saja. Selain itu yayasan di bidang sosial seperti halnya lembaga formal dan informal misalnya panti jompo, rumah sakit, poliklinik dan juga bidang penelitian di bagian IPTEK. Dimana tugasnya membantu mengatasi masalah masyarakat, meskipun tidak keseluruhan namun cukup menguntungkan.

Selain itu, ada juga yayasan di bidang sosial yang bisa membantu masalah seara responsif seperti halnya yayasan yang dibutuhkan untuk membantu hal-hal seperti bencana alam, tragedi perang dan kondisi sejenisnya.

  1. Bidang kemanusiaan

Selanjutnya adalah bidang kemanusiaan dimana yayasan jenis ini jelas memiliki tujuan untuk meringankan permasalahan atau isu yang ada di masyarakat.  Yayasan yang mengambil bidang kemanusiaan cukup banyak membantu masyarakat seperti gelandangan, fakir miskin dan sejenisnya yang bisa membantu bukan hanya materil namun juga moral dan juga skill.

Selain itu, setiap gelandangan, fakir miskin dan sejenisnya terbukti mendapatkan pelatihan skill yang mantap dan jelas. Sehingga ketika mereka keluar dari yayasan yang mendidik dan sejenisnya maka akan lebih mudah dan juga bermanfaat. Yayasan yang melatih keahlian sejenis ini sudah cukup banyak dan juga didapatkan di banyak tempat. Khususnya di Indonesia yang memang memiliki permasalahan sejenis sumber daya manusia yang menjadi isu sosial.

  1. Bidang Keagamaan

Selanjutnya yayasan banyak digunakan untuk bidang keagamaan, dimana yayasan ini khusus menjalankan semua kegiatan yang berbasis religius. Seperti halnya yayasan keagamaan, yayasan masjid, pendirian pondok pesantren yang berbentuk atau berbasis keagamaan. Selain itu ada juga lembaga besar layaknya madrasah, sarana ibadah seperti masjid dan juga gereja serta ZIS yang menggunakan basik agama.

Manfaat dari pendirian yayasan sendiri ada sangat banyak :

  1. Mendirikan yayasan bisa membantu perekonomian dan juga kondisi Indonesia dalam kelembagaan dan sejenisnya. Mengingat ada banyak masalah yang harus diselesaikan namun terkendala oleh lembaga yang mengatasinya.
  2. Beberapa yayasan berdiri untuk membuka beberapa cabang seperti sekolah dan sejenisnya, nah hal ini menyebabkan banyak yayasan juga membuka seperti “perusahaan” yang mengambil keuntungan dari sini saja jelas anda bisa mendapatkan gambaran bahwa yayasan mempekerjakan banyak SDM di Indonesia atau membuka lapangan kerja.
  3. Untuk yayasan non profit jelas tidak mengganggu keadaan ekonomi Indonesia dan membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia. Sehingga pembiayaannya tidak membebani negara atau ekonomi yang berputar di tengah masyarakat.

Comments are closed.