Skip to main content

Kekuatan Waarmerking Notaris

Kekuatan Waarmerking Notaris

Kekuatan Waarmerking Notaris

  1. Cara dan gaya menyusun kata dalam akta di bawah tangan yang dibukukan (waarmerking) atau akta di bawah tangan yang disahkan(legalisasi) tidak diatur dalam UU Jabatan Notaris, tetapi cara dan gaya menyusun kata dalam akta notaris sudah diatur dalam UUJN.

Pihak Notaris akan menjamin keseluruhan akta notaris, baik tanda tangan para pihak, isi dalam akta juga tanggal akta.

Cara dan gaya menyusun kata akta di bawah tangan yang dibukukan (waarmerking) dan akta di bawah tangan yang disahkan (legalisasi) sama-sama tidak diatur dalam UUJN, tetapi memiliki konsekuensi yang berbeda.

Konsekuensi hukum pembuatan akta di bawah tangan yang dibukukan (waarmerking) adalah notaris tidak menjamin akan kepastian isi dan tandatangan, Cuma menjamin kepastian tanggal yang terdapat dalam akta.

Untuk  akta di bawah tangan yang disahkan (legalisasi) notaris cuma menjamin kepastian tanggal dan tanda tangan saja, tetapi terhadap isi akta notaris tidak menjamin kepastiannya.

  1. Akta notaris mempunyai kekuatan hukum sebagai alat pembuktian yang sempurna dan mengikat. Sebagai suatu alat bukti yang mengikat para pihak pembuatnya, bahwa apa saja yang dituangkan dalam akta tersebut wajib dipercaya oleh hakim, serta harus dianggap benar, selama ketidakbenarannya tidak dibuktikan.

Sebagai suatu alat bukti yang dianggap sempurna, bahwa sudah tidak membutuhkan suatu pembuktian tambahan.

Kedua akta di bawah tangan tersebut bisa mempunyai kekuatan bukti yang sempurna, apabila para pihak yang menandatangani akta di bawah tangan tersebut mengakui dan tidak menyangkal tanda tangannya, serta adanya alat bukti tambahan yang mendukung alat bukti tersebut.

Kedudukan terhadap pihak ketiga, akta notaris mengikat terhadap pihak ketiga, adalah harus dianggap mempunyai kekuatan seperti akta sepanjang tidak dibuktikan sebaliknya, sedangkan akta di bawah tangan tidak mengikat terhadap pihak ketiga.

Contoh Waarmerking Notaris

Contoh waarmerking notaris

legalisasi adalah coppie collatione adalah pengertian legalisasi dokumen nota riil adalah contoh stempel copy sesuai asli legalisir notaris jakarta contoh kalimat legalisasi pengertian legalisasi dokumen perjanjian di notaris sikap dan perilaku notaris surat kuasa notariil copy sesuai asli tesis tentang waarmerking kelemahan perjanjian dibawah tangan nasegel nota riil adalah copie collationnee tanggung jawab notaris terhadap waarmerking tesis tentang waarmerking kelemahan perjanjian dibawah tangan nasegel nota riil adalah copie collationnee tanggung jawab notaris terhadap waarmerking

Biaya Waarmerking Notaris

Contoh Stempel Waarmerking Notaris

“Tujuan Waarmerking”

Syarat Waarmerking

Legalisasi Notaris

Waarmerking Di Pengadilan

Biaya Legalisasi Notaris

You may also like