Skip to main content

Tahapan dan Proses untuk Menjadi PPAT

Sebelum diangkat menjadi PPAT, terdapat beberapa tahapan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertahanan Nasional.

Menurut PERMEN Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertahanan Nasional RI No. 31 Tahun 2016 menjelaskan bagaimana tata cara mulai dari ujian, magang, hingga pengangkatan. Lalu bagaimana saja prosesnya? Mari kita simak penjelasan tersebut.

Ketentuan yang melekat pada PPAT

PPAT membuat akta otentik mengenai hak atas tanah atau Hak Milik atas Satuan Rumah Susun.

Terletak di kantor PPAT kabupaten/ kota.

Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat.

Penyelenggara urusan pemerintahan di bidang agraria/ pertahanan dan tata ruang adalah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertahanan Nasional.

Tata Cara Ujian PPAT

Diselenggarakan oleh Kementerian dan dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana Ujian PPAT karena Keputusan Menteri.

Syarat administrasi :

  • Fotocopy KTP
  • Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar.
  • Bagi yang sudah menjabat sebagi Notaris, menyertakan fotocopy surat keputusan pengangkatan dan penunjukan tempat kedudukan Notaris yang terakhir.
  • Fotocopy ijazah Sarjana Hukum atau Program Pendidikan Spesialis Notariat/ Magister Kenotariatan sudah dilegalisir oleh yang berwenang.
  • Surat yang menyatakan dokumen yang disampaikan adalah benar adanya.
  1. Tahapan ujian :
  • Pengumuman mengenai pendaftaran ujian
  • Pendaftaran ujian
  • Seleksi tahapan administrasi
  • Ujian, dengan materi :
  1. Organisasi kelembagaan kementerian dan hukum pertanahan nasional.
  2. Peraturan jabatan PPAT
  3. Pendaftaran tanah
  4. Kode etik profesi PPAT
  5. Pembuatan akta PPAT

Kewajiban Magang bagi calon PPAT

Magang sebagai karyawan pada kantor PPAT dan kantor pertahanan, terkecuali yang telah menjabat sebagai Notaris atau lulusan Program Pendidikan Khusus dilaksanakan Kementerian.

Dilaksanakan sebelum dan sesudah lulus ujian PPAT.

Melakukan kegiatan :

  • Paling sedikit membantu melakukan pembuatan kata pembuatan hukum hak atas tanah atau hak milik atas satuan rumah susun paling sedikit 7 akta.
  • Pengelolaan protokol PPAT dan proses penatausahaan.

Pengangkatan PPAT

  1. Mengajukan permohonan pengangkatan PPAT kepada Menteri secara manual atau online.
  2. Memenuhi syarat dan melengkapi :
  • Daftar riwayat hidup
  • Surat keterangan lulus ujian PPAT
  • Sertifikat magang
  • Sertifikat pelatihan dasar
  • Surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah.
  • SKCK kepolisian.
  • Surat pernyataan tidak rangkap jabatan bermaterai.
  • Fotocopy surat keputusan pengangkatan.
  • Surat pernyataan kesediaan sebagai protokol dari PPAT lain yang bermaterai.
  • Surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa dokumen yang disampaikan benar adanya, dan apabila diketahui tidak benar maka keputusan pengkatan dibatalkan.
  • Semua dokumen yang fotocopy harus terdapat legalisir pejabat yang berwenang.

Nah itu dia syarat dan tahapan untuk menjadi seorang PPAT. Bagaimana? Siapkah Anda untuk menjadi PPAT selanjutnya? Siapkan diri Anda dari sekarang.

You may also like