Syarat Pendirian Sebuah Perseroan Terbatas (PT)

Perseroan Terbatas atau biasa disebut sebagai PT cukup banyak di Indonesia. Bukan hanya karena syarat yang lebih mudah dipersiapkan namun PT juga didukung oleh pemerintah karena membuka lapangan kerja bagi banyak masyarakat.  Untuk anda yang ingin tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi ketika membuat sebuah PT berdasarkan ketetapan pemerintah, sebagai berikut :

  1. Sebuah PT harus didirikan oleh dua orang atau lebih

Jika anda ingin mendirikan sebuah PT maka harus didirikan oleh dua orang ataupun lebih. Hal ini berdasarkan peraturan pemerintah yang mempertimbangkan berdirinya sebuah PT dengan modal yang besar. Sehingga PT diwajibkan lebih dari 2 orang, selain itu biasanya ada sebuah badan hukum yang ingin mendirikan usaha untuk menambah pemasukan dengan cara membuat perjanjian dengan pihak lain. Hal tersebut diperbolehkan.

  1. Sebuah PT harus didirikan dengan akta otentik

Mengingat PT terlibat dengan banyak perjanjian, banyak pendiri dan tentu saja karyawan. Mengharuskan PT memiliki akta otentik yang didapatkan dari notaris seperti halnya notaris cimahi. Anda bisa membuatnya dengan bantuan para ahli dan akta wajib dibuat dengan bahasa Indonesia. Dimana didalamnya dimuat mengenai anggaran dasar perseroan yang sesuai hukum. Selain itu nantinya akta tersebut akan diajukan pada Kementerian Hukum dan HAM RI untuk kemudian disahkan menjadi badan hukum.

3. Sebuah PT harus memiliki modal dasar perseroan

Ketika anda mendirikan sebuah PT, bukan rahasia umum lagi jika anda harus menggelontorkan modal yang tidak sedikit. Terutama jika perusahaan yang anda dirikan langsung besar atau memiliki rencana dengan pembangunan yang besar-besaran. Hal ini juga menjadikan anda harus memenuhi syarat yang berikutnya bahwa PT haruslah memiliki modal dasar dengan jumlah besar.

Membicarakan mengenai modal, dalam perundang-undangan sendiri disebutkan jika modal dasar dalam sebuah perseroan adalah jumlah keseluruhan nilai nominal saham yang terdapat dalam perseroan. Sehingga modal yang ada didalam sebuah perusahaan ditentukan berdasarkan anggaran dasar perseroan itu sendiri.

Itulah semua syarat yang bisa anda lakukan untuk mendirikan sebuah PT. Mungkin terlihat simpel dan sederhana namun anda akan menghadapi sulitnya birokrasi, waktu yang tersita, tenaga serta tentu saja uang yang banyak.

Namun selama anda sudah mempersiapkan sesuai kebutuhan untuk mendirikan PT jangan khawatir dengan pendiriannya. Terus gali informasi tambahan agar anda tidak mengalami hambatan atau masalah dalam persiapannya. Bahkan jika perlu anda bisa bertanya pada yang sudah berpengalaman untuk menjelaskan apa saja yang harus anda siapkan ketika mendirikan PT, bisa juga pada notaris yang ahli di bidang ini.

Comments are closed.