Syarat Pendirian PT PMA Di Indonesia

Syarat Orang Asing Mendirikan Perusahaan Di Indonesia

Peraturan berikut harus dipertimbangkan oleh investor asing yang akan berinvestasi di Indonesia (Pendirian PTA PT) sebagai berikut:

1. Daftar investasi pasif sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor. 39 thn 2014 tentang daftar bidang usaha tertutup dan bidang perdagangan terbuka dengan persyaratan investasi (“Daftar investasi negatif”), yang mengatur:

A. Daftar bidang usaha tertutup untuk investasi (baik investor domestik maupun asing);

B. Daftar area perdagangan terbuka untuk investor asing, di mana bisnis ini tunduk pada beberapa pembatasan.

Baca Juga : Syarat dan Prosedur Pendirian PT

Wilayah kerja dalam daftar investasi negatif berdasarkan Klasifikasi Standar Bidang Usaha Indonesia (KBLI), yang diuraikan pada butir 2 di bawah. Area bisnis yang tidak termasuk dalam daftar investasi negatif 100% terbuka untuk investasi asing, kecuali jika diatur dalam peraturan lain.

2. Klasifikasi Standar Bidang Usaha Indonesia (KBLI) diatur oleh Badan Pusat Statistik No. 57 tahun 2009 tentang Klasifikasi Standar Kawasan Bisnis. Daftar ini menjelaskan secara rinci ruang lingkup setiap domain berdasarkan nomor KBLI mereka. Peraturan ini penting bagi investor asing untuk memverifikasi apakah pendirian PTA PT di Indonesia tunduk pada pembatasan berdasarkan daftar investasi negatif.

3 – mengatur pedoman dan prosedur untuk lisensi dan izin non-investasi modal asing di Indonesia, organisasi Ketua Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM), No 5 tahun 2013, yang telah diubah dengan Peraturan Nomor 12 yang dikeluarkan oleh Bank of BKPM. 2013 tentang pedoman investasi dan prosedur untuk lisensi dan non-lisensi (“Perka BKPM”). Sistem ini mencakup semua aturan dan standar.

4. Prosedur dan standar PTA di Indonesia, yang disyaratkan oleh BKPM, sebelum PTA memulai kegiatannya, perlu untuk memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan dalam Peraturan ini.

5. Undang-undang Perseroan Terbatas mengatur persyaratan umum dari perseroan terbatas dan juga berlaku untuk PTA. Undang-undang ini mengatur persyaratan untuk pembentukan PTA PT yang tidak diatur dalam Peraturan BKPM.

Dokumen lisensi / penggabungan yang diperlukan bagi investor asing untuk mendirikan PTA PT di Indonesia adalah sebagai berikut: