Resiko Mendirikan Perseroan Terbatas

Mendirikan usaha berbentuk perseroan terbatas memang memiliki keuntungan lebih jika dibandingkan dengan usaha berbentuk CV maupun Firma. Namun, tetap saja ada risiko yang dihadapi pendiri saat akan mendirikan perseroan.

Ada beberapa kelebihan dari perusahaan berbentuk perseroan terbatas, seperti memiliki legalitas yang lebih baik, terlindung secara hukum, mudah dalam mendapatkan pinjaman dari perbankan, mudah melakukan kerja sama dengan pihak lain, serta terhindar dari penggantian kerugian dengan harta pribadi.

Di sisi lain, karena ada beberapa kelebihan tersebut, pengurusan perseroan terbatas akan jauh lebih rumit. Ada beberapa hal yang harus diurus oleh pendiri perseroan, seperti mengajukan pendaftaran nama perseroan kepada Kementerian Hukum dan HAM, pengurusan untuk mendapatkan status badan hukum, biaya pengurusan yang tidak sedikit, dan yang terakhir adalah wajib memiliki modal minimal untuk mendirikan perseroan.

Risiko inilah yang kerap dihindari oleh pelaku usaha dalam mendirikan usaha berbentuk perseroan. Pada akhirnya, mereka memilih mendirikan usaha berbentuk CV. Padahal jika dicermati, kendala pendirian perseroan sebagian besar terjadi pada saat pendirian saja. Selebihnya, jika mengikuti aturan yang telah ditetapkan, perseroan akan banyak memberikan manfaat dalam meningkatkan usaha.

Jika kendala terbesar dalam pendirian perseroan adalah terletak pada rumitnya birokrasi pendirian, saat ini banyak unit-unit jasa yang menawarkan bantuan untuk mendirikan perseroan. Segala aspek terkait pendirian, mulai dari pembuatan akta autentik hingga pengurusan berbagai izin dan legalitas akan dilakukan oleh jasa tersebut. Biaya jasa yang ditawarkan pun cukup kompetitif.

Comments are closed.