Skip to main content

Prosedur Pendirian Perusahaan Baru

Prosedur Pendirian Perusahaan Baru

Prosedur Pendirian Perusahaan Baru

Syarat Mendirikan PT 2018 : Modal untuk Pendirian PT

Berdasarkan UUPT No 40 Thn 2007 yang mengaturPerseroan Terbatas, disebutkan modal dasar atau minimal untuk pendirian PT ialah sebanyak 50 Rupiah juta yang mana 25 % nya dijadikan sebagai modal setor.
Selanjutnya, Negara mengeluarkan peraturan baru dalam PP Nomor. 29 Thn 2016 yang mengatur Perubahan Modal Dasar PT menyatakan Nilai modal dasar pendirian Perseroan Terbatas diserahkan pada kesepakatan para pendiri PT. Tapi syarat Pendirian PT Baru ini Berdasarkan PP ini cuma berlaku bagi UMKM.

Surat Keterangan Domisili Perusahaan
Surat Keterangan Domisili Perseroan terbatasbernilai penting sebagai syarat utama untuk mendapatkan berkas legalitas lainnya ; Tanda Daftar Perseroan terbatas(TDP), Nomor Pokok Harus Pajak (NPWP) badan, Surat perizinan Usaha Perdagangan (SIUP), dan perizinan lainnya. Oleh sebab itu, bagi Kita yang mau menjalankan usaha maka bisa menjalanakannya di Virtual Office.

Menentukan Bidang Usaha

Ketika Syarat Pendirian PT Baru sudah terpenuhi dengan baik, maka Kita mesti menentukan bidang usaha sesuai dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). Mengenai masalah ini, Kita tidak harus bingung sebab umumnya setiap Pemerintah Daerah sudah membuat bentuk yang simpel dari kode KBLI yang bisa dijadikan sebagai standar dalam mengurus perizinan usaha di daerah tersebut.

Mengurus Nomor Pokok Harus Pajak (NPWP)

Nomor Pokok Harus Pajak (NPWP) merupakan nomor yang diberikan kepada Harus Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. Pendirian NPWP bisa dilakukan jika Syarat Pendirian PT Baru sudah terpenuhi seperti Akta Notaris pendirian yang dibuat dihadan Notaris, pengesahan SK menteri atas pendirian PT dan domisili perusahaan.

Mengurus Surat perizinan Usaha Perdagangan (SIUP)

Salah satu bentuk perizinan usaha untuk perseroan terbatasyang menyelenggarakan perdagangan disebut dengan SIUP. Berdasarkan Permendag No. 46 tahun 2009, SIUP terdiri dari SIUP Mikro, SIUP Kecil, SIUP Menengah, dan SIUP Besar. Mengurus perizinan usaha hukumnya harus dilakukan, mengingat usaha yang Kita dirikan bertujuan untuk memperoleh keuntungan. SIUP akan diserahkan dengan kode atas bidang usaha perseroan berupa 4 digit Klasifikasi Bidang Lapangan Usaha Indonesia.

Mengurus TDP (Tanda DaftarPerusahaan)

Tanda Daftar Peerusahaan sudah dimuat dalam UU nomor 3 thn 1982 mengenai Wajib Daftar Perusahaan, yang mana dalam psl 5 ayat 1 memuat bahwa “setiap perusahaan diwajibkan dalam daftar perusahaan”. Perusahaan yang dimaksudkan dalam TDP mencakup perusahaan berbentuk Firma, CV, PT, Perorangan, Koperasi, atau jenis usaha lainnya.

prosedur pendirian pt biaya pendirian pt syarat membuat pt baru cara mendirikan pt syarat pendirian cv Pendirian pt online skema pendirian pt

You may also like