Perbedaan Pendirian Perseroan Terbatas dengan Firma

Selain badan usaha berbentuk perseroan terbatas maupun CV, Firma menjadi salah satu jenis badan usaha yang cukup populer dipilih oleh pelaku usaha. Firma merupakan jenis badan usaha yang didirikan berdasarkan adanya persekutuan atau kesepatakan dari sedikitnya dua orang untuk menjalankan usaha.

Jenis badan usaha Firma hampir menyerupai dengan CV. Namun, setiap pendiri Firma bertanggung jawab penuh dalam perusahaan. Sementara tanggung jawab CV lebih ditekankan kepada pimpinan tertingginya. Selain itu, Firma lebih digunakan untuk bisnis-bisnis yang bersifat jasa, konsultasi, atau layanan yang terkait di bidang jasa.

Nah, apakah perbedaan antara pendirian perseroan terbatas dengan Firma? Perbedaan mendasar adalah terletak pada proses penetapan nama usaha. Jika pada perseroan terbatas, nama usaha terlebih dahulu harus didaftarkan kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapat persetujuan. Sementara pada Firma, nama ditetapkan berdasarkan kesepakatan antar pendiri.

Selanjutnya, perseroan terbatas juga wajib mendaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan legalitas berbentuk badan hukum. Sementara untuk Firma cukup mendaftarkan diri ke Pengadilan Negeri yang sesuai dengan tempat kedudukan perusahaan yang didirikan.

Syarat-syarat pendirian lainnya sebenarnya hampir sama, yaitu mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan, NPWP dan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, Tanda Daftar Perusahaan, Surat Izin Tempat Usaha, serta dokumen-dokumen penting terkait izin pembangunan kantor.

Dari segi biaya pendirian, bisa dipastikan bahwa biaya pendirian firma jauh lebih murah dari perseroan terbatas. Di sisi lain, modal awal firma yang didasarkan atas gabungan modal dari beberapa pendiri.

Di balik itu, tentunya ada kelebihan perseroan terbatas dibandingkan firma. Salah satu kelebihan perseroan adalah keterjaminan keberlangsungan usaha. Pada firma, jika salah satu pendiri mengundurkan diri dari proses aktivitas, maka firma tersebut tidak akan berjalan.

Comments are closed.