Pendirian Perseroan Terbatas Perusahaan Penyedia Jasa Tenaga Kerja

Suatu perusahaan tidak hanya bergerak di bidang penjualan produk sebagai aktivitas bisnisnya. Ada pula perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Salah satu perusahaan jasa yang banyak dibutuhkan saat ini adalah perusahaan penyedia tenaga kerja.

Ya, adakalanya perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang cepat dan tanpa memerlukan prosedur seleksi. Di sisi lain, perusahaan juga membutuhkan para tenaga kerja dengan sistem kontrak, sehingga jika harus mengadakan seleksi membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu jasa penyedia tenaga kerja menjadi salah satu solusi dalam menyiapkan tenaga kerja yang cepat tanpa harus melakukan proses rekrutmen dan seleksi.

Nah, perusahaan ini harus memiliki legalitas layaknya perseroan terbatas lainnya. Hal ini telah diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003. Pada pasal 66 ayat 3 disebutkan, perusahaan jasa penyedia tenaga kerja merupakan perusahaan berbadan hukum dan memiliki izin dari instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan.

Selanjutnya, dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.Kep-101/Men/VI/2004 disebutkan, perusahaan penyedia jasa tenaga kerja wajib memiliki izin operasional dari Dinas Ketenagakerjaan di kota masing-masing sebagai instansi yang berwenang di bidang ketenagakerjaan.

Adapun izin operasional yang dimaksud meliputi akta pendirian perseroan dari Notaris, anggaran dasar, dokumen Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan, serta bukti wajib lapor ketenagakerjaan di perusahaan.

Comments are closed.