Langkah Mendirikan PT dengan Benar

Pendirian PTKetika anda ingin membuat atau mendirikan PT mungkin sering merasa bingung. Langkah mana yang harus anda ambil dan berkas apa yang harus anda siapkan. Terutama jika anda orang baru dalam bisnis dan belum tahu seluk-beluk sebuah perusahaan. Namun jangan khawatir, karena adanya persyaratan administratif yang akan Notaris Cimahi jelaskan berikut ini.

  1. Membuat Akta Perusahaan

Pertama anda bisa membuat akte perusahaan yang menjadi syarat utama dalam pendirian sebuah PT. Akta yang bisa anda buat biasanya menampilkan informasi secara jelas dan resmi mengenai perusahaan, nama lengkap kemudian jenis usahanya apa saj, nama para pemilik modal dan juga biodata mereka. Apakah mereka merupakan seorang kriminal dan sejenisnya, struktur perusahaan yang akan berjalan dan hal lainnya secara mendetil.

Untuk itu akta biasanya dibatu dibuatkan oleh para notaris yang ahli dan mengerti apa saja yang harus disusun. Anda sebagai pendiri bertugas mempersiapkan bahan untuk berkasnya. Selain itu akta tidak boleh ilegal atau palsu karena diajukan ke badan hukum tinggi.

  1. Mengajukan Surat Keterangan Domisili Usaha

Selanjutnya anda mengurus SKDU atau Surat Keterangan Domisili Usaha, dimana surat ini berisi perizinan dari Pemerintah atau Lembaga resmi wilayah sekitar yang mengizinkan anda untuk menjalankan usaha di area mereka. Umumnya surat seperti ini bisa dikeluarkan oleh kecamatan ataupun kepala desa di suatu wilayah. Namun untuk membuat surat ini biasanya dipungut biaya untuk mempermudah. Jika ditanya berapa besarannya maka jawabannya yakni berbeda di tiap-tiap daerah. Pastikan anda sudah membuat akta perusahaan setelah itu membuat SKDU ini.

3. NPWP Perusahaan

Sebagai negara yang taat pajak dan nantinya anda tidak terkena masalah yang membahayakan jelas NPWP bisa membantu perusahaan atau PT anda dalam zona aman. NPWP bisa menjadi identitas wajib pajak yang dimanfaatkan untuk mengurus banyak hal yang berkaitan dengan perpajakan. Selain itu NPWP Perusahaan membutuhkan SKDU, sehingga jika SKDU anda belum jadi NPWP tidak bisa dibuat.

  1. Pengesahan Akta Pendirian Perusahaan dari Kemenkumham

Selanjutnya anda membutuhkan SK Pengesahan yang dikeluarkan langsung dan ditandantangani oleh Menteri Hukum dan HAM melalui Kementrian Hukum dan HAM merupakan bagian dari legalisasi sebuah PT menjadi badan hukum. Jika sudah seperti ini, akan lebih mudah untuk menapaki langkah selanjutnya.

Biasanya para pendiri PT akan merasa kesulitan melegalisasikan perusahaan mereka di tahapan ini. Mengingat birokrasinya yang tidak mudah membuat banyak PT mendapatkan SK agak sulit atau membutuhkan proses yang lama. Namun jangan khawatir pemerintah akan merilisnya meskipun jangka waktu biasanya agak berbeda.

  1. Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP

Jika semua lancar maka terakhir anda bisa membuat SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Surat ini mensahkan PT anda sudah bisa berjalan dan juga beroperasi seperti pada normalnya. Semuanya akan menjadi dokumen penting yang sewaktu-waktu dibutuhkan sehingga anda harus menyimpannya di brankas dan jangan di tempat sembarangan. SIUP ini diurus paling terakhir setelah mengurus semua syarat yang diatas.

Comments are closed.