Akta Pendirian Cabang PT

Perseroan Terbatas (PT) Maju Jaya miliki Sukirman meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Perseroan yang bergerak di bidang garmen berbahan jeans ini sanggup menghasilkan omzet sekitar Rp 150 juta per hari. Ini didasarkan semakin meningkatnya jumlah pesanan baik dari dalam maupun luar negeri.

Sukirman sadar, tingginya pesanan garmen miliknya tidak akan diselesaikan hanya di satu tempat saja. Saat ini, ia dihadapkan pada dua pilihan, memperluas pabriknya atau membuka cabang di tempat lain. Berdasarkan perhitungannya bersama jajaran direksi dan komisaris, ia memutuskan untuk membuka kantor cabang di wilayah lain.

Dengan modal yang dimiliki, Sukirman hendak membuka tiga kantor cabang baru PT. Maju Jaya di tiga kota. Berbagai persiapan pun dilakukan, seperti membangun infrastruktur, membuka lowongan kerja, termasuk mengurus perizinan-perizinan pendirian perusahaannya.

Dalam membuka kantor cabang ini, Sukirman mencoba bertanya kepada seorang Notaris, apakah perlu dibuatkan akta pendirian untuk kantor cabang. Oleh Notaris tersebut, Sukirman mendapat penjelasan bahwa akta pendirian kantor cabang PT dibuat untuk meningkatkan legalitas dari kantor cabang yang akan dibukanya.

Lebih lanjut dijelaskan, akta pendirian kantor cabang merupakan akta yang dibuat Notaris kepada perusahaan tertentu yang hendak membuka cabang di wilayah lain. Akta ini ditandatangani oleh Direktur Utama perusahaan di hadapan Notaris dengan persetujuan dari persero komanditernya.

Akta pendirian ini dibuat oleh Notaris yang berwilayah kerja di perusahaan pusat. Misalnya, PT. Maju Jaya milik Sukirman yang berdomisili di kota Tangerang ingin membuka cabang di wilayah Serang. Maka, akta pendiriannya dibuat oleh Notaris yang berdomisili di Tangerang.

Akta pendirian cabang sebenarnya tidak diatur dalam undang-undang khusus. Namun, ada baiknya jika perusahaan membuat akta pendirian cabang saat hendak membuka cabangnya di wilayah lain. Selain itu memperkuat legalitas, akta ini tentunya berfungsi saat mengurus izin-izin terkait pembukaan kantor cabang di wilayah tersebut.

Comments are closed.