Skip to main content

Tahapan Pendirian CV Terlengkap

CV atau Commanditaire Vennotschap adalah salah satu bentuk dari persekutuan serikat kerja atau sebuah badan usaha yang biasa di dirikan untuk pebisnis yang menjalankan usaha atau layanan jasa di kelas kecil menegah.

Dimana CV tersebut nantinya akan memiliki satu atau lebih sekutu berupa pengurus pasif yang berfungsi sebagai pemberi dana atau penyetor dana yang nantinya akan mendapatkan keuntungan dari dana yang digunakan dan dikelola oleh pengurus aktif CV tersebut.

Prosedur dan tata cara pendirian CV

Tata cara pendirian dari CV ini bisa di lakukan baik dengan cara tulisan maupun dengan cara lisan yang nantinya akan di dirikan baik dengan bantuan Notaris amupun menggunakan sebuah akta bawah tangan.

Berbeda dengansyarat dan tata cara pendirian PT dimana nantinya CV tidak memerlukan dan tidak diatur oleh KUHD dalam prosesnya CV hanya akan menggunakan dan mebutuhkan bantuan Notaris.

Sehingga pada dasarnya tidak ada peraturan ketat dan tertulis mengenai pembuatan CV tersebut.

Diman CV bisa dibentuk dengan bantuan para Notaris. Firma dan CV memiliki jenis peraturan dalam pembuatan yang sama dimana dasar pendirian Firma dan Cv diatur didalam pasal 22 KUHD yang dinyatakan bahwa pendirian tiap tiap CV dan Firma harus di dirikan dengan bantuan akta yang atentik namun jika CV maupun firma dibentuk tanpa bantuan akta maka tidak bisa diajukan demi kepentingan dan menghindari kerugian publik atau pihak ketiga.

Dimana di negara kita, Indonesia akta otentik dari pendirian CV maupun Firma bisa dinyatakan dengan bantuan akta notaris.

Jadi pendiran CV bisa dibantu hanya dengan bantuan para Notaris dan anda hanya perlu melakukan beberapa hal sisa seperti mendaftarkan CV tersebut nantinya ke pengadilan negeri setempat.

Setelah melakukan pendaftaran dan mengurus semua keperluan lainnya maka CV sudah bisa beroperasi dan mendapatkan haknya sebagai sebuah badan usaha yang diakui oleh negara dan memiliki izin untuk beroperasi dengan beberapa batasan minimal.

Dan ini akan mempermudah kegiatan dan beragam proses yang dibutuhkan dalam pengoperasian sebuah CV.

Bahkan CV juga bisa di mulai dengan modal yang minim dan dibawah modal PT.

You may also like