Ketahui Hal Penting Tentang Pembuatan CV Suami Istri

Bagi anda yang sudah berkeluarga, pastinya pernah berfikir akan mendirikan beragam jenis badan usaha dengan pasangan sah anda bukan? Seperti pendirian CV misalnya. Namun masalahnya, bolehkah suami istri mendirikan CV? Atau legalkah menurut hukum CV yang didirikan oleh pasangan suami istri? Jika pertanyaannya adalah boleh atau tidaknya didirikan oleh pasangan suami istri maka jawabannya adalah boleh boleh saja.

Mengapa tidak? Namun akibat adanya beberapa peraturan dan prinsip yang terkait tentang suami istri maka sebenarnya di dalam mata hukum suami istri adalah 1 orang.

Sedangkan CV setidaknya harus memiliki minimal 2 orang sekutu atau pengurus yang berupa pengurus aktif dan komanditer atau pengurus pasif. Mengapa suami istri yang sah dianggap sebagai 1 orang saja? Karena mengacu pada UUD kitab pasal perdata nomor 119 maka suami istri semenjak mengalami atau melangsungkan pernikahan maka harta mereka dianggap bercampur atau hanya satu kesatuan.

Sedangkan untuk syarat umum CV sendiri harus ada 2 harta pemilik terpisah yang nantinya menyokong keberadaan dan eksistensi CV tersebut.

Namun, CV suami istri tidak boleh atau tidak bisa dibentuk jika ada prenuptipal agreement yang merupakan perjanjian kawin tertentu tentang pemisahan atau hak atas harta. Karena di dalam pembuatan CV maka harus menggunakan sejumlah modal yang berbentuk uang tunai dan kehalian serta barang yang nantinya tercantum jelas dalam pembukuannya. Walaupun dalam akta pendirian jumlah modal biasanya tidak akan disebutkan dan diperincikan.

Nah bagi suami sitri yang tidak memiliki jenis harta yang terpisah maka tidak memungkinkan untuk mendirikan sebuah CV, kecuali mereka memiliki sekutu atau pengurus lainnya.

Karena jika terjadi kesalahan fatal dalam CV atau terancam bangkrut maka pihak terkait sebenarnya bisa melakukan gugatan terhadap pihak lainnya. Dan ini tentunya akan sulit dan tidak melengkapi syarat hukum jika pihak-pihak tersebut adalah satu persekutuan yang memiliki harta bersama tau tidak terpisah. Jadi pada dasarnya pendirian CV oleh suami istri adalah hal yang diperbolehkan kecuali ada perjanjian atas harta bersama dan sebaiknya cobalah masukan pengurus lain dalam daftar pengurus CV tersebut.

Notaris Cimahi Terms:

  • pendiri cv boleh suami isteri tdk ?

Comments are closed.