Izin Pendirian CV

CV mirip dengan kemitraan umum kecuali bahwa ia memiliki dua jenis kelas mitra. Mitra umum atau pengurus aktif memiliki manajemen dan kendali penuh atas bisnis kemitraan tetapi juga menerima tanggung jawab pribadi penuh atas kewajiban kemitraan.

Mitra terbatas atau pengurus pasif tidak memiliki tanggung jawab pribadi di luar investasi mereka dalam kepentingan kemitraan.

Mitra terbatas tidak dapat berpartisipasi dalam manajemen umum dan operasi harian dari bisnis kemitraan tanpa dianggap mitra umum di mata hukum. Mitra umum dapat berupa perorangan atau perusahaan.

Salah satu situasi CV yang lebih umum melibatkan mitra diam, di mana satu atau lebih mitra terbatas menyediakan pembiayaan untuk usaha dan mitra umum menjalankan bisnis.

CV dalam hal ini melindungi aset mitra diam dengan membatasi eksposur dan kewajiban mereka dan bertindak sebagai saluran untuk memberikan keuntungan atau kerugian operasi saat ini kepada mereka.

Sebagian besar wilayah hukum mengharuskan perjanjian CV untuk dibuat secara tertulis dan, untuk sebagian besar, berisi ketentuan yang sama seperti ketentuan dalam perjanjian kemitraan umum – dengan beberapa tambahan yang rumit.

Biaya hukum untuk membentuk CV bisa lebih tinggi daripada korporasi karena di beberapa negara bagian mereka diatur oleh undang-undang sekuritas. Aspek lain dari CV adalah bahwa dalam beberapa bisnis, mitra terbatas juga disebut investor pasif dapat dikenakan kewajiban pajak khusus yang dapat mengimbangi keuntungan penampungan pajak.

Pihak notaris cenderung melihat fakta-fakta ini berdasarkan kasus per kasus. CV mengajukan pendaftaran ketika memulai pendirian CV tersebut.

Mitra individu terbatas dan umum termasuk bagian yang dapat dialokasikan dari pendapatan atau kerugian kemitraan pada masing-masing pengembalian pajak penghasilan dan membayar pajak atas bagian tersebut berdasarkan pada kelompok pajak mereka.

Mitra tidak dapat memotong kerugian lebih besar dari dasar mereka dalam kemitraan, yang meliputi investasi mereka ditambah dana yang dipinjamkan ke kemitraan.

Pengesahan Pendirian CV bisa di dapat melalui kantor Pengadilan Negeri Setempat. Jika kedua mitra atau pengurus baik pengurus aktif dan pasif telah selesai mengurus semua keperluan di kantor notaris dan pengadilan negri maka semua masalah perizinan akan disesuaikan dengan Jenis usaha dari Cv tersebut.

Perizinan dari pendirian CV akan dimulai dengan pembuatan Surat Keterangan Domisili  Perusahaan yan diteruskan dengan pengurusan SIUP TDP, HO dan lainnya sesuai dengan ruang lingkup usaha CV nya .

Comments are closed.