Berikut Tata Caranya Mendirikan CV

Ingin mendirikan CV? Alternatif dari PT ini memang lebih digemari karena lebih mudah dan biaya yang diperlukan lebih murah daripada PT tentunya. Bahkan prosedur pendiriannya terbilang mudah dan tentunya sangat diakui oleh badan hukum.

CV adalah salah satu jenis badan usaha yang tepat bagi anda yang merupakan pengusaha Industri kecil dan menengah, biro jasa, percetakan dan beragam usaha yang kian disukai dan berkembang sekarang ini.
Segala tugas atas perseroan diatur oleh persero yang aktif dan jika mengalami kerugian maka harta pribadi bisa di tubtut penuh oleh pihak ke tiga nantinya.

Sedangkan persero yang bersifat non aktif nantinya hanya bertugas sebagai seroang atau kelompok yang bertanggung jawab dalam penyetoran modal yang di setorkan ke perseroan tersebut. Berikut tata cara yang perlu di penuhi untuk mendirikan CV tersebut:

• KTP masing-masing pihak yang terlibat dalam pembentikan CV baik itu yang bersifat pasif maupun aktif
• Harus menyediakan calon nama untuk CV
• Menentukan Kedudukan CV
• Tujuan mengapa didirikannya CV tersebut

Untuk memperkuat kedudukan CV dimata hukum maka CV tersebut harus di daftarkan ke pengadilan negri setempat setelah mendapatkan akta pendirian dari kantor notaris. Untuk mendaftarkan CV maka syarat yang harus dibawa adalah NPWP dan SKDP dari CV yang bersangkutan.

Jika CV tersebut nantinya akan mengikuti dna diselenggarakan dengan bantuan tender pemerintah maka harus melengkapi beberapa dokumen penting seperti di bawah ini :

• PKP atau surat pengukuhan pengusaha kena pajak
• SIUP surat izin usaha perdagangan
• ‘Tanda daftar perseroan
• Melampirkan tanda keanggotaan di KADIN

CV bisa saja di dirikan dimana saja, bahkan di luar jakarta, namun tentunya harus berada di daerah yang tidak membahayakan. CV setidaknya harus terdiri dari 2 pengurus aktif yang bisa mempertanggung jawabkan Nama CV dan aktifitas dari CV tersebut nantinya. Walaupun terbilang mudah dan bisa didirikan hanya dengan akta notaris, namun CV dianggap legal dan sah dimata hukum di Indonesia.

Comments are closed.