Skip to main content

Tugas dan Fungsi Staf Notaris

Memiliki staf bagi seorang Notaris merupakan suatu kebutuhan. Di tengah proses pembuatan akta-akta otentik, seorang Notaris tidak bisa mengerjakan segala sesuatunya sendiri, terutama untuk urusan-urusan administratif. Dengan dibantu oleh staf, proses pengurusan akta otentik akan lebih efektif, sehingga dapat memberikan pelayanan positif kepada klien Notaris.

Selain membantu urusan administratif, staf Notaris juga berperan menjadi saksi dalam pengesahan akta yang dibuat. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Pasal 16 Ayat 1 huruf m Undang-undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang perubahan Undang-undang Jabatan Notaris yang berbunyi “…Notaris wajib membacakan akta di hadapan penghadap dengan dihadiri paling sedikit dua saksi atau empat saksi khusus untuk pembuatan Akta wasiat di bawah tangan, dan ditandatangani pada saai itu juga oleh penghadap, saksi, dan Notaris”.

Karena menjadi saksi dalam pengesahan akta, maka staf Notaris harus merahasiakan isi akta tersebut. Ini disebabkan staf pada dasarnya menjadi bagian dalam organ jabatan Notaris. Dengan demikian, apa yang telah ditetapkan dalam kode etik seorang Notaris harus dipatuhi pula oleh stafnya.

Adapun tugas-tugas administratif yang bisa dilakukan staf Notaris antara lain, menyiapkan pembuatan akta, melakukan pendaftaran akta, serta mengesahkan surat-surat dan akta di bawah tangan. Dalam hal ini, staf Notaris wajib memiliki pengetahuan tentang undang-undang kenotariatan, kewenangan seorang Notaris, hingga paham tata kearsipan terkait dokumen-dokumen akta yang telah telah dibuat.

Seorang Notaris minimal memiliki dua karyawan. Namun, selain merekrut pegawai tetap, Notaris juga berwenang menerima magang calon Notaris untuk membantu kerjanya. Dengan membuka magang, diharapkan para calon Notaris dapat memiliki pengalaman dalam melakukan praktik kerja seorang Notaris, serta paham bagaimana melakukan koordinasi yang baik antara Notaris dan stafnya.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *