Skip to main content

Tantangan Profesi Notaris

Profesi Notaris merupakan salah satu profesi yang banyak diminati mahasiswa hukum. Tidak heran jika program studi Magister Kenotariatan menjadi salah satu program Pascasarjana di bidang hukum yang banyak diminati. Setiap tahunnya, program studi ini meluluskan calon-calon Notaris yang siap berjuang untuk diangkat menjadi Notaris oleh pemerintah.

Tantangan Profesi NotarisDi balik prospek profesi Notaris, ada tantangan yang harus dihadapi oleh calon Notaris maupun Notaris. Tantangan pertama yang dihadapi Notaris adalah ketika menunggu saat-saat diangkat menjadi Notaris. Ada persyaratan yang harus dipenuhi Notaris, seperti telah melaksanakan program magang selama 2 tahun, salah satunya. Batasan umur juga kerap menjadi tantangan tersendiri bagi calon-calon Notaris.

Selain itu, calon Notaris juga dihadapkan pada ujian pengangkatan, ujian untuk menjadi anggota luar biasa INI, hingga mengikuti pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi. Tidak mudah memang, tetapi persyaratan ini diharapkan dapat menghasilkan Notaris yang berintegritas dan menguasai bidang kerjanya.

Setelah menjadi Notaris, Notaris dihadapkan pada tantangan kerja yang juga kompleks, seiring perkembangan global yang juga kompleks. Hal ini mendorong Notaris perlu meningkatkan kapasitas dan kemampuannya di luar yang ia dapat dari pendidikan kenotariatan.

Notaris harus mampu menghadapi persaingan ketat baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional di era pasar global yang tanpa batas. Persaingan ini akan mendorong Notaris Indonesia mampu memiliki daya saing. Adanya pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) juga mendorong Notaris siap bersaing. Jika tidak, Notaris Indonesia tentu akan kalah saing dengan Notaris asing.

Namun, dalam menghadapi persaingan tersebut, Notaris ditantang untuk tetap patuh pada kode etik dan kodratnya sebagai perwakilan pemerintah di masyarakat. Notaris juga harus memberikan pelayanan hukum yang baik kepada masyarakat. Mendapatkan kepercayaan yang maksimal dari masyarakat adalah hal yang harus dikejar oleh Notaris.

You may also like