Pendaftaran NPWP Melalui Notaris

Pendaftaran NPWP Melalui Notaris

Ditjen Pajak (Direktorat Jenderal Pajak) melakukan kerjasama dengan Ikatan Notaris Indonesia (INI) dalam mempermudah layanan kepada masyarakat, khususnya dalam wajib pajak (WP) badan untuk mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pada akhirnya, wajib pajak badan yang ingin membuat Nomor Pokok Wajib Pajak tak perlu datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, hanya cukup mendatangi Kantor Notaris tertentu.

Kepada Subbidang Statistik Pengembangan Pelayanan Ditjen Pajak Ferliandi Yusuf mengungkapkan program ini akan berlaku mulai 1 November 2018 dan dilayani oleh sebanyak 28 notaris yang telah ditunjuk dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak.

“Dalam rencana ini, notaris yang dipilih oleh Keputusan Ditjen Pajak akan diberikan hak akses pada aplikasi e-Registration & dapat mendaftarkan Wajib Pajak Badan, termasuk bentuk kerjasama operasi, yang membuat akta pendirian di notaris tersebut,” kata Ferliandi, seperti dilansir dilaman merdeka.com. Selasa 31 Oktober 2017.

Dia menjelaskan, penerbitan NPWP Badan dilakukan secara elektronik setelah notaris melengkapi data dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan melalui aplikasi e-registration. Walaupun demikian, pencetakan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak tetap dilaksanakan di KPP dengan menunjukkan surat terdaftar.

“Ada juga verifikasi data pendaftaran. Nanti yang sudah diupload dan diinput akan kita verifikasi,” imbuhnya.

Selain meningkatkan kemudahan bagi Wajib Pajak, program ini memberikan manfaat juga bagi Direktorat Jenderal Pajak sendiri yaitu meningkatkan validitas dan akurasi data pendaftaran Wajib Pajak sehingga akan lebih meningkatkan efisi

Comments are closed.