Skip to main content

Kewenangan Organisasi Notaris

Sebagai praktisi profesional, Notaris memiliki organisasi khusus yang menghimpun seluruh pejabat Notaris. Sebagaimana disebut dalam Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris, organisasi Notaris ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam ruang lingkup kerja seorang Notaris.

Organisasi Notaris dalam Undang-undang tersebut adalah organisasi profesi jabatan Notaris yang berbentuk perkumpulan berbadan hukum. Di Indonesia, organisasi yang mewadahi para Notaris yaitu Ikatan Notaris Indonesia (INI). INI merupakan organisasi Notaris tunggal dan resmi, dimana pengukuhan organisasinya disahkan secara konstitusi.

Ikatan Notaris Indonesia merupakan kepanjangan tangan dari organisasi Notaris yang didirikan sejak masa pemerintahan Hindia Belanda, sebagai wadah silaturahmi para Notaris Hindia Belanda. Melalui keputusan Broederschap van Candidaat-Notarissen in Nederlanden zijne Kolonien’ dan Broederschap der Notarissen, perkumpulan Notaris tersebut secara sah diakui sebagai perkumpulan berbadan hukum.

Kewenangan Organisasi Notaris

Selanjutnya, pada masa kemerdekaan RI, perkumpulan ini tetap dilanjutkan dan akhirnya dikukuhkan secara konstitusi sebagai satu-satunya organisasi Notaris tunggal di Indonesia. Dalam perkembangannya, INI tidak hanya sebagai wadah silaturahmi antar Notaris, tetapi juga mengawasi praktik kerja Notaris sekaligus mengatur kode etik yang di dalamnya berisi kaidah moral Notaris dalam menjalankan tugasnya.

Kewenangan yang dimiliki INI diantaranya mengawasi aktivitas Notaris sesuai dengan kode etik yang telah ditetapkan, memberikan teguran dan sanksi kepada Notaris jika terjadi pelanggaran terhadap kode etik, berwenang memecat Notaris dari keanggotaan INI, hingga berwenang memberhentikan jabatan Notaris.

Salah satu struktur kerja dalam INI adalah adanya Dewan/Majelis Kehormatan. Majelis ini berperan penting dalam menjaga perilaku Notaris agar sesuai dengan kode etik. Berbeda dengan tugas Majelis Pengawas Notaris, Majelis Kehormatan melakukan pengawasan Notaris dari segi kode etiknya.

You may also like