Skip to main content

Kewenangan Notaris dalam Membuat Akta Pertanahan

Kewenangan Notaris dalam Membuat Akta Pertanahan

Saat hendak melakukan transaksi jual beli tanah, pembuatan akta otentik diperlukan sebagai bukti pengesahan secara hukum. Lantas, siapakah yang berwenang membuat akta-akta tersebut, apakah Notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)?

Tugas Notaris sejatinya membuat akta-akta otentik. Namun, khusus untuk pertanahan, wewenang Notaris dalam membuat akta pertanahan saat ini sedikit dibatasi. Dalam Pasal 15 ayat 2 huruf f Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris, memang disebutkan bahwa Notaris berwenang dalam membuat akta pertanahan.

Akan tetapi, ada usulan bahwa pembuatan akta pertanahan merupakan wewenang seorang PPAT. Ini didasarkan untuk menghindari timpang tindih tugas antara seorang Notaris dan PPAT.

Walaupun dalam pembahasan RUU perubahan Jabatan Notaris sempat disinggung mengenai penghapusan pasal tersebut, pada akhirnya Pasal 15 ayat 2 huruf f tetap dicantumkan. Namun, ada batasan wewenang Notaris dalam hal pengaturan pembuatan akta tanah. Para ahli berpendapat, wewenang Notaris dalam membuat akta pertanahan dilakukan untuk akta yang bukan menjadi wewenang PPAT.

Sebagaimana dalam Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 tentang Peraturan Jabatan PPAT, disebutkan bahwa PPAT bertugas mendaftarkan tanah dengan membuat akta sebagai bukti dilakukannya perbuatan hukum mengenai hak atas tanah, hak milik atas rumah susun. Perbuatan hukum tersebut meliputi: jual beli, tukar menukar, hibah, imbreng, pembagian hak bersama, pemberian Hak Guna Bangunan/Hak Pakai atas Tanah Hak Milik, pemberian Hak Tanggungan, dan pemberian Kuasa membebankan Hak Tanggungan.

Dengan demikian, peran Notaris dalam pembuatan akta di bidang pertanahan adalah di luar perbuatan hukum seorang PPAT, seperti Akta Pengikatan Jual Beli dan Akta Kuasa Menjual. Dalam proses pembuatan Akta Pengikatan Jual Beli, akta ini menjadi dasar bagi PPAT untuk membuat Akta Jual Beli dalam satu transaksi.

You may also like