Kewenangan Majelis Kehormatan Notaris Indonesia

Kewenangan Majelis Kehormatan Notaris Indonesia

Ikatan Notaris Indonesia (INI) dibentuk dengan tujuan memberikan pengawasan terhadap kinerja Notaris, tapi juga masyarakat secara keseluruhan. Untuk itu, INI bukan sekadar perkumpulan dimana hanya mengandalkan pengurus perkumpulan, tetapi ada struktur organigran tersendiri, seperti memliki Dewan Pengawas dan Majelis Kehormatan.

Karena INI berkaitan dengan pengawasan kinerja Notaris, maka susunan kepengurusan INI memiliki tingkatan, yaitu adanya Dewan Pengawas, hingga Majelis Kehormatan Notaris. Pengawasan di sini bukan berarti mengawas langsung kinerja setiap Notaris, tetapi lebih mengedepankan aspek preventif dan kuratif.

Preventif diartikan bahwa proses pengawasan dilakukan dalam bentuk pembinaan kepada Notaris. Sedangkan aspek kuratif bermakna Notaris mampu melakukan penjatuhan sanksi terhadap Notaris apabila terbukti melanggar perundang-undangan.

Lebih lanjut tugas dan wewenang anggota Majelis Kehormatan INI adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pembinaan, bimbingan, pengawasan, dan pembenahan anggota dalam menjunjung tinggi kode etik;
  2. Memeriksa dan mengambil keputusan atas dugaan pelanggaran kode etik oleh Notaris di tingkat internal, bukan di tingkat masyarakat;
  3. Memberikan saran dan pendapat kepada Dewan Pengawas apabila muncul dugaan pelanggaran kode etik oleh oknum Notaris.

Pada proses eksekusi sanksi terhadap pelanggar, Majelis Kehormatan di tingkat daerah harus respons dan mengambil tindakan berupa menggelar sidang Dewan Kehormatan Daerah untuk membicarakan dugaan pelanggaran tersebut.

Ketika dalam sidang tersebut ditemukan dugaan pelanggaran, maka Majelis Kehormatan akan memanggil Notaris bersangkutan  melalui surat fisik. Dalam hal ini, Majelis Kehormatan menentukan keputusan mengenai terbukti atau tidaknya dugaan pelanggaran tersebut setelah mendengar keterangan dan pembelaan diri dari Notaris bersangkutan.

Jika dalam putusan sidang tersebut terbukti melakukan pelanggaran, maka saat itu juga sanksi dijatuhkan pada Notaris bersangkutan.

Comments are closed.