Skip to main content

Panduan Proses Legalisasi Dokumen di Kedutaan China

Panduan Proses Legalisasi Kedutaan China

Sedang mempersiapkan study ke Negeri Tirai Bambu – Cina…??? atau ada job di Negara Tirai Bambu – China dan wajib untuk stay disana juga ?? Atau mungkin mau melaksanakan perkawinan dengan orang China ???

Dari semua kebutuhan yang tersebut, pastilah sangat dibutuhkan dokumen yang memerlukan adanya legalisasi ke Kedutaan (Kedutaan Besar China). Lantas, bagaimana prosedure untuk melegalisasi dokumen ke Kedutaan Besar China ? Mungkin beberapa dari kita sudah mengetahui prosesnya bagaimana dan gimana. Akan tetapi bagi kita yang belum mengetahui prosedur dan prosesnya.

Dibawah ini adalah beberapa proses yang harus lalui dalam Legalisasi Dokumen ke Kedutaan Tirai Bambu atau China adalah sebagai berikut :

  1. Data dokumen Legalisasi ke Kedutaan Besar China

Yaitu membawa Dokumen Asli serta Terjemahan yang nanti akan dilegalisasi oleh pihak Kedutaan China.

  1. Terlebih dahulu dokumen asli dinotariskan (Legalisasi Notaris) sebelum dokumen dilegalisasi ke Kedutaan,
  2. Setelah dokumen asli dinotariskan, lalu kemudian dokumen yang asli diterjemahkan oleh petugas Penerjemah Bahasa Mandarin China yang telah yang tersumpah.
  3. Pada proses penerjemah dokumen, legalisali notaris juga turut ikut serta dalam penerjemahan dokumen tersebut dan jangan lupa (apabila dokumen lebih dari 1 halaman dokumen terjemahan harus disertai dengan stempel kesatuan dari Penerjemah Tersumpah )
  4. Setelah proses penerjemahan selesai. Selanjutnya, kedua dokumen yang asli & terjemahan dibawa untuk dilegalisasi ke Kementrian Luar Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM.
  5. Terakhir, setelah proses legalisasi Kemlu KemhukHam selesai barulah dokumen diajukan untuk di Legalisasi ke Kedutaan Besar China.
  6. Pada proses dilaksanakannya legalisasi di Kedutaan Besar China terbagi menjadi 2 pilihan waktu, yakni; Proses Percepatan (1-2 hari kerja) & Proses Regular (3-4 hari kerja).
  7. Legalisasi dokumen di Kedutaan Besar China terbagi menjadi 2 jenis dokumen, yaitu; Dokumen Personal dan Dokumen Corporate.

Sebagai pendukung dari proses diatas tersebut, diperlukan adanya dokumen-dokumen lampiran seperti;

  1. Dokumen untuk perusahaan atau corporate, lampiran dokumen meliputi: fotokopi KTP/Passpor,  SIUP, NPWP, dan TDP kepunyaan Perusahaan dan adanya surat kuasa untuk melakukan proses legalisasi dokumen (apabila diwakilkan) atau diurus oleh sendiri.
  2. Dokumen pribadi memerlukan tambahan lampiran, yaitu; fotokopi KTP/ Passpor, Surat Referensi atau Rekomendasi Studi ataupun Kerja, Specimen/ salinan pengesahan dari dokumen tersebut. Salinan pengesahan hanya dibutuhkan pada saat proses legalisasi di Kemlu KemHukHam.
  3. Untuk dokumen master yang sudah dalam bahasa Inggris, Proses Legalisasi dokumen cukup dengan dinotariskan tanpa perlu diterjemahkan kedalam bahasa Mandarin untuk kemudian dilegalisasi Kemlu KemhukHam serta Kedutaan Besar China.

You may also like