Syarat-syarat Mendirikan Koperasi

Pak Aidil bersama sejumlah warga di perumahan Rukun Jaya memiliki keinginan untuk mendirikan koperasi. Koperasi ini untuk mengakomodasi pemenuhan kebutuhan rumah tangga sekaligus sebagai sarana tabungan bersama bagi para warga di komplek Rukun Jaya.

Setelah ada kesepakatan dari beberapa warga, akhirnya terbentuk kesepakatan untuk mendirikan koperasi bernama Rukun Jaya. Namun, ada persoalan yang melingkupi Pak Aidil dan warga lainnya. Ya, mereka belum tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi dalam mendirikan sebuah koperasi. Meskipun hanya untuk kepentingan warga komplek, Pak Aidil tetap menginginkan koperasi yang didirikannya tetap diakui secara hukum.

Saat dilanda kebingungan tersebut, Pak Iman, salah satu warga komplek dengan bijak menjelaskan mekanisme pendirian koperasi, termasuk syarat-syarat yang harus dipenuhi. Maklum, Pak Iman adalah seorang dosen ekonomi di salah satu perguruan tinggi. Lewat Pak Iman, Pak Aidil dan warga lainnya mendapat informasi mengenai syarat mendirikan koperasi agar “sah” secara hukum.

Berdasarkan intisari dari Undang-undang Perkoperasian, syarat dasar pendirian suatu koperasi adalah memiliki anggota sekurang-kurangnya tiga orang, memiliki anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART), memiliki struktur kepengurusan, serta memiliki pengesahan sebagai badan hukum koperasi.

Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga merupakan pedoman dan berbagai ketentuan dalam mewujudkan tujuan pendirian koperasi. Dua aspek ini dibuat berdasarkan kesepakatan para anggota/pendiri koperasi melalui rapat pembentukan. Selain itu, dua hal ini juga menjadi aspek yang diterangkan dalam akta pendirian koperasi.

Setelah mendapat informasi tersebut, Pak Aidil dan sejumlah warga pun sepakat menentukan keanggotaan, menetapkan pengurus, serta melakukan rapat pembentukan guna menghasilkan AD dan ART. Dalam beberapa bulan, Koperasi Rukun Jaya pun akhirnya berdiri dan mulai menjalankan aktivitas perkoperasiannya.

Comments are closed.