Skip to main content

Koperasi Angkatan Udara

Koperasi yang biasanya besar dan menguntungkan adalah koperasi para Angkatan. Mereka terbukti dapat mengolah koperasi dengan baik dan juga bisa menghasilkan usaha yang berjalan lancar dan tinggi.  Koperasi ini memang sudah didirikan sejak lama, khususnya Koperasi Angkatan Darat. Dimana sejak 4 Agustus 1956 dibentuk Pusat Koperasi Siliwangi di area Jawa Barat dan termasuk Jakarta.

Berdasarkan Surat Keputusan Menpangab Nomor : Kep-1053/8/1967 tanggal 23 Agustus 1967, tentang hari jadi Inkopad atau Induk Koperasi Angkatan Darat yaitu pada tanggal 23 Juli 1964. Dengan kearifan MEN/PANGAB menetapkan pengeluaran Surat Keputusan tentan pengesahan berdirinya Inkopad tersebut diatas (25 Juli 1964) sebagai Hari Jadi Inkopad dengan Ketua Umum Brigadir Jenderal TNI KHMS Rahardjodikromo, karena didalam Surat Keputusan tersebut telah terpadu kekuatan Undang-undang Koperasi dengan kewenangan Komando.

Fungsi Koperasi Angkatan Darat

Kopersai TNI Angkatan Darat memiliki tugas pokok membina perkoprasian di lingkungan TNI Angkatan Darat dan juga membantu Kasad mensejahterakan Prajurit dan juga Keluarganya. Pusat Koperasi “A” Kodam VI/Tpr didirikan berdasarkan keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Republik Indonesia Nomor  123/BH/PAD/KWK.17/4/VI/1996 tanggal 11 Juni 1996 tentang Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi.

Selain inkopad sekarang ini akan ada puskopad dimana  Puskopad “A” Dam VI/Tpr adalah sebagai sarana Pimpinan Kodam VI/Tpr dalam membantu meningkatkan kesejahteraan anggota Kodam VI/Tpr melalui kegiatan-kegiatan usaha dengan berpedoman pada tata cara Perkoperasian Indonesia. Wilayah Kerja Puskopad “A” Dam VI/Tpr meliputi Daerah TK I Kalimantan Timur, tetapi daerah kerja/.kegiatan usahanya dapat menjangkau ke seluruh Kalimantan.

Struktur Organisasi

Organisasi Puskopad “A” Kodam VI/Tpr disusun sebagai berikut :

  1. Unsur Pimpinan.

1)   Ketua Pusat Koperasi TNI Angkatan Darat “A” Kodam VI/Tpr disingkat Kepuskopad “A” Dam VI/Tpr.

2)   Wakil Ketua Pusat Koperasi TNI Angkatan Darat “A” Kodam VI/Tpr disingkat Wake Puskopad “A” Dam VI/Tpr.

2. Unsur Pelaksana Staf.

  1. Urusan Tata Usaha dan Urusan Dalam, disingkat Ur Tuud.
  2. Seksi Audit, disingkat Si Audit.

3. Unsur Pembantu Pimpinan.

1)   Komisaris Organisasi dan Tekhnik Perkoperasian disingkat Komornikkop.

2)   Komisaris Rencana Usaha disingkat Komrenus.

3)   Komisaris Perbendaharaan disingkat Komben.

 

4. Unsur Pelaksana Usaha.

You may also like