Skip to main content

Jual Beli Tanah Oleh PT

Jual Beli Tanah Oleh PT

Jual Beli Tanah Oleh PT

Mengapa PT Tidak Boleh Memiliki Tanah Hak Milik

Menurut  Keputusan Kepala BPN/ Menteri Negara Agraria Nomor 21 Thn 1994 Perihal Metode Perolehan Tanah Bagi Perusahaan Dalam Rangka Penanaman Modal, untuk mendapatkan  tanah untuk kebutuhan perusahaan bisa dilaksanakan dengan dua metode, yakni lewat pelepasan hak atau pemindahan hak.

Kedua metode  ini Cuma bisa dijalankan sesudah perusahaan mendapatkan izinlokasi dari walikota atau bupati.

Pemindahan hak untuk  perusahaan bisa dilaksanakan jikalau tanah yang hendak dipindahkan  telah memiliki sertifikat ‘hak atas tanah’.

Hal ini juga bisa dilaksanakan jikalau hak atas tanah yang hendak dipindahkan sama tingkatannya dengan hak atas tanah(HAT) yang  dibutuhkan perusahaan untuk melaksanakan bisnisnya.

Tanah untuk area perkebunan diharuskan dengan HGU (Hak Guna Usaha ), umpanya. Untuk keperluan demikian, maka peralihan hak kepada  perusahaan Cuma bisa dilaksanakan oleh seorang pemegang HGU juga.

Memang, perusahaan  tak bisa mendapatkan hak atas tanah dalam(HAT) beda tingkatan, contohnya; Hak Milik kepunyaan seorang yang mempunyai Sertifikat Hak Milik. Dapat saja terjadi (HAT) yang dipindahkan berbeda dengan keperluan perusahaan.

Tetapi, perlu divaildasi juga kalau  hak atas tanah ini adalah tipe hak yang benar  bisa dipegang oleh sebuah bentuk perusahaan.

Contohnya, seorang pemegang HGB (Hak Guna Bangunan) bisa menmindahkan hak miliknya ke suatu  perusahaan perkebunan yang  membutuhkan lahan HGU (Hak Guna Usaha) untuk memperluas area perkebunannya.

Tentunya, pemindahan dengan metode seperti ini akan memberikan beban tambahan lagi bagi perusahaan. Karena, sesudah dilaksanakannya pemindahan hak, perusahaan  mesti merubah kembali status HGB(Hak Guna Bangunan) yang telah diperolehnya menjadi HGU(Hak Guna Usaha)  sebagai persyaratan tanah perkebunan.

Ide lain yang bisa dijalankan ialah dengan jalan merubah status tanah lebih dulu sebelum dilaksanakannya pemindahan hak. Contohnya, perubahan status HM (Hak Milik) menjadi HGU(Hak Guna Usaha)  yang dilakukan seorang pemegang Hak Milik.

Sesudah status tanahnya berubah menjadi Hak Guna Usaha (HGU) sesuai keperluan perusahaan, dan berikutnya dilaksanakan pengalihan hak ke perusahaan dengan jalan jual-beli.

Hal yang demikian juga berlaku pada bentuk tanah girik. Sebelum tanah girik dialihkan haknya, pemilik tanah girik mesti meningkatkan hak atas tanahnya

Akibat Hukum PTMembeli Tanah Hak Milik

Prosedur Perusahaan Membeli Tanah

Ada beberapa unsur penting yang mesti diperhatikan dalam hal transaksi jual beli tanah.

Sebelum kita memutuskan untuk melaksananakan program pengadaan tanah untuk kegunaan pembangunan infrastruktur, sebelumnya yang paling penting ialah:

1. Tujuan dari penggunaan tanahnya termasuk juga seberapa luas kedepannya tanah yang hendak dibeli. Sebab masalah ini akan menyangkut kepada pemohonan perolehan perizinan guna penggunaan tanahnya.

Bila memang peruntukan penggunaannya untuk pabrik contonya, dengan luas tanah yang me lebih luas 5000 meter sebaiknya memang mengguakan atas nama perusahaan. Sebab nantinya akan diharuskan untuk mengurus berbagai macam perizinan yang berhubungan dengan usaha dari perusahaan, misalnya: Izin lokasi yang mesti dilengkapi pula dengan UPL, UKL, AMDAL serta izin lain sebagainya.

Dan juga mesti mengajukan permohonan rekomendasi dari berbagai instansi pemerintah yang terkait lainnya.

2. Pada transaksi jual beli tanah, biasanya mesti dibuatkan perjanjian jual beli, selain daripada itu peralihan mengenai hak atas tanah cuma bisa dilakukan dengan menggunakan akta peralihan Hak Atas Tanah saja, yakni hibah, jual beli, dan lain-lain yang dibuat oleh pejabat yang berwenang atas perpindahan Hak Atas Tanah (PPAT).

Jika status tanahnya merupakan hak milik, sedangkan calon pembelinya:

1. Perorangan, oleh karenanya peralihannya cukup dilakukan dengan cara pembuatan akta jual beli di hadapan PPAT (pejabat pembuat akta tanah) yang berwenang untuk itu.

2. Perseroan, oleh karenanya pembeliannya bisa dilakukan dengan jalan :

a. Penurunan hak terlebih dahulu menjadi HGB(hak guna bangunan), HGU(hak guna usaha) atau HP(hak pakai) yang diteruskan dengan jual beli setelah menjadi HGU/ HGB/HP tersebut (bisa dilakukan langsung dengan AJB jika sertifikat belum berakhir).

b. Pelepasan hak atas ke Negara yang dijalankan bila tanah tersebut belum mempunyai sertifikat.
Kita dapat menghubungi notaris terdekat sekitar kita untuk memahami lebih jelasnya, sebab tanpa melihat langsung dokumen tentunya tak gampang untuk memberikan arahan yang pas dan sesuai kebutuhan kita.

Baca Juga :

Syarat Sahnya Jual Beli Tanah  

Cara Menghitung Pajak jual beli tanah

Hukum Jual Beli Tanah

Prosedur Pembelian Tanah Oleh Perusahaan

Contoh Akta Jual Beli Tanah Oleh PT

Contoh Akta Jual Beli Tanah Atas Nama PT

aset perusahaan atas nama pribadi contoh rups penjualan aset perusahaan cara menjual pt pelepasan hak prioritas cara membeli tanah pemerintah cara pelepasan hak atas tanah apakah cv boleh memiliki tanah contoh akta jual beli tanah oleh pt aset perusahaan atas nama pribadi proses menjual tanah pelepasan hak prioritas penjualan aset perusahaan prosedur perolehan hgu hak milik perorangan atas tanah tujuan pelepasan hak atas tanah langkah langkah pembebasan lahan pembelian tanah oleh bumn hak milik tanah penjualan aset perusahaan pelepasan hak prioritas aset perusahaan atas nama pribadi cara pelepasan hak atas tanah cara membeli tanah pemerintah prosedur perolehan hgu undang undang jual beli tanah hukum jual beli tanah dalam islam pasal tentang jual beli tanah jual beli tanah menurut hukum adat syahnya jual beli tanah kekuatan hukum jual beli tanah dibawah tangan pengalihan aset perseroan terbatas persetujuan dewan komisaris aset perusahaan atas nama pribadi developer tidak boleh menjual tanah cara menawarkan tanah ke developer contoh perjanjian jual beli aset perusahaan peraturan pembebasan lahan teknik pembebasan lahan pelepasan hak prioritas luas tanah perusahaan pembebasan tanah untuk kepentingan swasta cara memperoleh hak atas tanah menurut uupa peraturan pembebasan lahan teknik pembebasan lahan pelepasan hak prioritas luas tanah perusahaan pembebasan tanah untuk kepentingan swasta cara memperoleh hak atas tanah menurut uupa hak milik atas tanah oleh yayasan pp no 38 tahun 1963 sertifikat atas nama cv aset perusahaan atas nama pribadi prosedur perolehan hgu batas maksimum kepemilikan tanah hak milik pp 38 1963 hak badan hukum

You may also like