Biaya dan Prosedur Pembuatan SIUP

Setelah notaris cimahi membahas mengenai syarat dalam SIUP khususnya syarat administrasi dan bentuk formulirnya. Kali ini kita akan membahas mengenai biaya yang dikenakan serta bagaimana prosedur atau tahapan yang tepat dalam membuat SIUP.

Untuk biaya sendiri, SIUP sudah dikelompokan menjadi 3 kategori yang dibagi sesuai dengan modal dan pendirian usahanya yakni :

  • SIUP besar dimana perusahaan harus menyiapkan modal dasar minimal Rp500.000.000
  • SIUP menengah yakni perusahaan yang menyiapkan modal dengan kisaran Rp200.000.000 – Rp500.000.000
  • SIUP kecil merupakan perusahaan yang menyiapkan modal sama atau lebih kecil dari Rp200.000.000 dan tidak ada batas minimal.

Selain itu SIUP masuk kedalam pengurusan surat izin yang difasilitasi oleh notaris dan membutuhkan beberapa surat izin wilayah  sekitar seperti halnya Kantor Dinas Perdagangan di tingkat kabupaten atau kotamadya ataupun di Kantor Pelayanan Perizinan setempat (di beberapa daerah ada Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu atau BP2T).

Adapun prosedur dalam mendaftarkan SIUP yaitu :

  • Anda bisa mengambil formulir (contoh ada pada artikel lain dalam web notaris cimahi) formulir tersebut ataupun bisa mengisi surat permohonan di Kantor Dinas Perdagangan. Selain itu anda juga bisa datang dan bisa diurus oleh orang lain jika menggunakan surat kuasa yang sah dan legal dengan menggunakan materai 6000.
  • Formulir pendaftaran yang telah diisi dan juga ditandatangani segera diisi dan diberi materai. Pengisi haruslah salah satu Direktur, penanggung jawab perusahana atau setaranya. Setelah itu formulir yang diisi harus difotokopi sebanyak 3 rangkap dan digabungkan bersama berkas administrasi lainnya.
  • Namun jika anda menggunakan jasa orang lain dalam mengurus pembuatan SIUP Anda, maka wajib melampirkan surat kuasa bermaterai cukup yang ditanda tangani oleh pemilik/Direktur Utama/Penanggung Jawab perusahaan. Contohnya anda memberikan kepercayaan pada notaris anda atau notaris cimahi untuk mengerjakannya.
  • Anda harus membayar tarif membuat SIUP dimana tarifnya akan berbeda di setiap daerah tergantung Peraturan Daerah, perlu diingat bahwa biayanya pun sudah diatur coba anda cari informasi kembali agar pembayaran tidak mendapatkan masalah.
  • Selanjutnya jika semua sudah selesai maka anda bisa menunggu selama 2-3 minggu sampai SIUP selesai. anda akan dihubungi langsung oleh petugas ataupun pihak kantor bisa kembali mem-follow up atau menanyakan ke kantor SIUP dimana anda mengurusnya.

Biaya Pembuatan SIUP

Cara Membuat SIUP Toko

Cara Membuat SIUP Usaha Kecil

Syarat Membuat SIUP Perorangan

Cara Daftar SIUP Online

Biaya Pembuatan SIUP Tdp Dan Ho

Cara Membuat SIUP Mikro

Cara Membuat TDP

Notaris Cimahi Terms:

  • Syarat siup cimahi

Comments are closed.