Perbedaan Cover Note dan Akta Notaris

 Perbedaan Cover Note dan Akta Notaris

Cover note merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh notaris. Cover note ini memiliki bentuk berupa akta atau surat atau dokumen. Lalu apakah sama antara cover note dan akta notaris? Sebagai produk yang dikeluarkan oleh notaris, cover note tidak dapat disamakan atau diartikan sebagai akta notaris. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat besar.

Lantas apakah perbedaan antara covernote dan akta notaris? Cover note memiliki beberapa perbedaan dengan akta notaris. Dalam pengertiannya, cover note adalah sebuah surat keterangan. Surat keterangan sangat lah berbeda dengan akta notaris yang diartikan sebagai suatu akta otentik yang dijamin oleh undang-undang secara langsung.

Selain itu, secara hukum cover note tidak memiliki kekuatan pembuktian dan hanya sebagai alat bukti biasa sebelumnya adanya akta notaris. Untuk menjadi alat bukti dari suatu kasus pidana, cover note pun tidak dapat dijadikan alat bukti yang sempurna, melainkan hanya semata alat bukti permulaan.

Cover note hanya digunakan untuk menyelidiki suatu kasus dan tidak dapat dijadikan bukti dalam suatu persidangan. Cover note hanya bersifat sementara, dapat ditarik kapan saja setelah akta notaris selesai.

Biasanya cover note digunakan untuk menurunkan agunan (kredit ) di bank dan cover note akan ditarik setelah roya selesai. Roya memiliki pengertian sebagai penghapusan pengikatan suatu agunan atau pinjaman berupa tanah sehingga kepemilikannya kembali kepada pemilik aslinya.

Sementara itu, akta notaris sendiri merupakan akta otentik yang dijamin secara jelas dalam perundang-undangan.

Akta notaris sendiri memiliki kekuatan hukum yang sempurna sehingga dapat dijadikan alat bukti di suatu persidangan. Akta notaris bersifat tetap selama tidak terjadi pembatalan.

Pembatalan terhadap akta notaris hanya dapat dilakukan melalui keputusan pengadilan. Selama tidak terdapat pembatalan berdasarkan keputusan pengadilan, akta notaris tersebut tetap akan berlaku sebagai akta otentik.

Comments are closed.