Penggunaan Kuasa untuk Menjual dalam Pembuatan Akta Jual Beli

Penggunaan Kuasa Menjual di Pembuatan AJBDalam praktik pembuatan akta jual beli tanah , tidak jarang ditemukan pihak penjual diwakili oleh pihak lain yang diberikan kuasa untuk menjual. Pada dasarnya kuasa untuk menjual diberikan oleh pihak penjual (pemilik tanah) yang tidak dapat hadir saat pembuatan akta jual beli sebab suatu alasan. Salah satu contohnya adalah pelaksanaan jual beli terjadi di kota lain atau ia tidak dapat meninggalkan pekerjaannya. Namun, pada praktiknya, pemberian kuasa berkembang sesuai dengan kebutuhan.

Pemberian kuasa yang paling sering terjadi adalah pemberian kuasa yang berkaitan dengan pembuatan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Pemberian kuasa untuk kepentingan pembuatan Perjanjian Pengikat Jual Beli dihadapan Notaris biasanya dilakukan atas sebab pembeli yang telah membayar lunas seluruh harga jual beli, tetapi proses jual beli tersebut belum dapat terlaksana.

Selain itu, dikenal pula kuasa untuk menjual. Kuasa untuk menjual yang diberikan biasanya dengan alasan tanah yang bersangkutan akan dijual kembali kepada pihak lain lagi. Hal tersebut sering kali dibuat oleh mereka yang berkecimpung dalam bidang jual beli tanah/makelar tanah untuk menghindarkan diri dari kewajiban pembayaran pajak.

Pembuatan kuasa untuk membeli/menjual pada dasarnya wajar dan sah di mata hukum. Hal tersebut pun telah dicantumkan dalam suatu peraturan yang jelas. Akta jual beli yang dibuat dengan melalui kuasa untuk menjual pun sah di mata hukum selama mengikuti/sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hanya saja, terkadang masyarakat sering kali salah kaprah dalam memahami surat pemberian kuasa. Surat kuasa untuk menjual termasuk dalam kelompok surat kuasa khusus yang perlu diberikan keterangan/kata-kata yang tegas yang bisa menandakan bahwa surat kuasa yang dibuat tersebut merupakan kuasa untuk menjual. Di samping itu, dalam pemberian kuasa untuk menjual/ jual beli, pemberi kuasa harus menghindari surat kuasa mutlak. Hal tersbeut disebabkan karena surat kuasa mutlak bukan hanya pemberian kuasa untuk menjual/jual beli saja, melainkan juga dapat diartikan sebagai pemindahan hak atas suatu tanah.

Comments are closed.