Skip to main content

Prosedur Pembuatan Renvoi Akta Notaris

Prosedur Pembuatan Renvoi Akta Notaris

Syarat-syarat Renvoi Akta Notaris

Renvoi dalam akta notaris tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, baik sebelum atau setelah penandatanganan. Renvoi harus disaksikan oleh pemohon, saksi, dan notaris (pihak yang sebelumnya menjadi bagian dalam pembuatan akta notaris). Renvoi dapat dinyatakan sah jika sudah diberi paraf/tanda pengesahan lainnya oleh pemohon, saksi, dan notaris. Namun, jika renvoi terjadi setelah penandatanganan, pembetulan tersebut (renvoi) harus dituangkan dalam suatu berita acara renvoi/pembentulan.  Jika hal-hal tersebut tidak dikerjakan sesuai dengan aturan, maka renvoi tidak akan cacat di mata hukum.

Prosedur Renvoi dalam Akta Notaris

Jika ditemukan sebuah kesalahan dalam akta notaris, pihak-pihak yang bersangkutan harus menghubungi pihak bersangkutan lainnya agar dapat menentukan waktu yang tepat untuk melakukan renvoi. Hal tersebut perlu dilakukan karena proses renvoi sendiri harus disaksikan oleh pihak-pihak yang terkait dengan akta notaris. Setelah pencoretan dan penggantian selesai, pembetulan tersebut wajib ditandatangani oleh seluruh pihak yang terkait dalam pembuatan akta notaris. Dan sesudah keseluruhan proses renvoi selesai, perlu dilakukan pencatatan renvoi tersebut dalam suatu berita acara pembatalan. Langkah selanjutnya adalah memberikan catatan mengenai renvoi tersebut dalam suatu minuta akta asli dengan disertai penyebutan tanggal dan nomor akta berita acara pembetulan. Dan berita acara tersebut wajib disampaikan kepada seluruh pihak yang terkait. Apabila salah satu pihak ternyata telah meninggal dunia, kedudukan pihak tersebut dapat digantikan oleh keturunannya. Dan hal tersebut sah dalam hukum.

Larangan dalam Renvoi Akta Notaris

Renvoi tidak dapat dilakukan jika salah satu pihak yang terkait tidak datang dan tidak menyaksikan proses renvoi. Renvoi pun tidak boleh dilakukan dengan menyisipkan pengantinya diantara unsur yang ingin digantikan/melakukan penghapusan/ditulis tindih.

Sanksi Renvoi Akta Notaris

Renvoi yang dibuat dengan ketentuan yang berlaku, akta tersebut memiliki kekuatan hukum yang tidak dapat diganggu gugat. Namun, jika notaris tidak melakukan ketentuan yang berlaku, akta tersebut hanya akan mempunyai kekuatan sebagai akta di bawah tangan dan tidak dapat dijadikan dasar bagi pihak yang mangalami kerugian untuk menuntut ganti rugi kepada notaris.

You may also like